Hasil Penelitian

Hasil Penelitian

Kegiatan penelitian di Prodi TIF berada dibawah naungan Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) Fakultas Ilmu Komputer UB. Sesuai dengan visinya sebagai program studi bereputasi internasional dalam pengkajian dan pengembangan Teknologi Sistem Pintar (Smart Systems Technology), prodi TIF akan menjadi pusat kajian untuk menghasilkan solusi Informatika dalam rangka mendukung pembangunan bangsa melalui integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tahun 2020. Visi dan misi ini diharapkan menghasilkan  profil program studi yang dapat mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional dan internasional di bidang Informatika.

Roadmap penelitian program studi TIF disusun sebagai arahan bagi dosen untuk memetakan potensi pengembangan penelitian di bidang informatika agar dapat mengembangkan produk-produk penelitian inovatif dan berkualitas sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan Teknologi Sistem Pintar (Smart Systems Technology). Hal ini dilakukan dengan kesadaran bahwa pesatnya perkembangnya bidang Informatika merupakan salah satu fenomena yang dapat menjadi masalah namun sekaligus dapat menjadi solisi pemecahan masalah di berbagai bidang yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia.

Hasil produk penelitian yang dilakukan oleh dosen prodi TIF dipublikasikan pada beberapa jurnal, baik jurnal internal fakultas (JTIIK) maupun jurnal lainnya yang telah terakreditasi secara nasional dan internasional bereputasi.

KEGIATAN PENELITIAN BERDASARKAN TAHUN DAN SUMBER DANA
PRODI TIF FILKOM UB 2014-2026

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo