Menuju FILKOM

FILKOM terletak di dalam area kampus Universitas Brawijaya, tepatnya di Jl. Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Berikut adalah peta lokasi FILKOM:

Berikut adalah beberapa alternatif transportasi yang dapat digunakan untuk menuju FILKOM:

Taksi

Tidak seperti banyak kota lainnya di Indonesia, taksi di Malang tidak berkeliling mencari penumpang melainkan menerima order penumpang melalui telepon berdasarkan urutan tunggu. Tarifnya bervariasi tergantung seberapa jauh lokasi penjemputan dengan lokasi yang dituju dan besaran tarif dihitung menggunakan taximeter. Di Malang terdapat empat perusahaan resmi yang menerima order melalui telepon, yaitu Citra Taxi: +62 341 404040, Perdana Taxi: +62 341 488888, Mandala Taxi: +62 341 474747, Bima Taxi: +62 341 364026.

Angkutan Kota

Terdapat transportasi lokal lainnya berupa kendaraan minibus yang biasa disebut "mikrolet" atau "angkot", singkatan dari angkutan kota. Jenis transportasi ini mudah diidentifikasi melalui warna kendaraan yang biasanya berwarna dominan biru. Setiap angkutan kota memiliki jalur tujuan khusus yang ditunjukkan melalui singkatan nama lokasi yang ditempel di kaca depan setiap angkutan. Umumnya semua perjalanan dalam kota akan dikenai tarif Rp. 4.000,-. Untuk menuju Universitas Brawijaya pilihlah angkutan yang melewati Jalan Soekarno Hatta atau Jalan Veteran, karena gerbang masuk Universitas Brawijaya terdapat di dua jalan tersebut. Sesampainya di salah satu gerbang tersebut perlu berjalan kaki memasuki area Universitas Brawijaya untuk menuju gedung FILKOM.

Menuju Malang

Malang adalah kota yang indah terletak di Provinsi Jawa Timur. Berada 294 km dari Denpasar Bali, 80 km dari Surabaya Ibu Kota Provinsi Jawa Timur dan 674 km dari Jakarta Ibu Kota Indonesia. Terdapat banyak jenis transportasi untuk menuju Malang termasuk dengan transportasi udara/pesawat baik penerbangan domestik maupun internasional, kereta (domestik) dan bus (domestik).

Pesawat

Terdapat dua alternatif cara menuju Malang dengan menggunakan pesawat. Pertama penerbangan yang langsung menuju ke malang. Kedua adalah penerbangan dengan transit terlebih dahulu di Surabaya, umumnya penerbangan dari luar negeri seperti dari Singapura, Malaysia dan beberapa kota di Indonesia. Dari Surabaya menuju Malang dapat menggunakan transportasi kereta atau bus.

Langsung Menuju Malang (Bandara Abdul Rachman Saleh, MLG)

Bandara Abdul Rachman Saleh melayani penerbangan harian dari Jakarta dengan maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya, Batavia dan Lion Air. Selain itu juga melayani penerbangan harian dari Denpasar dengan maskapai Lion Air. Bandara Abdul Rachman Saleh ini terletak di sebelah timur Kota Malang, terdapat layanan taksi bandara dengan tarif terjangkau untuk menuju hotel di Malang. Namun bagi yang memilih transportasi dengan tarif lebih rendah dapat bepergian menggunaan mikrolet (angkutan kota).

Melalui Surabaya (Juanda Airport, SUB)

Surabaya memiliki bandara tersibuk kedua di Indonesia, dimana setiap harinya melayani penerbangan ke Jakarta dan banyak tujuan lainnya di Indonesia. Selain itu terdapat penerbangan internasional ke Surabaya dari Singapura (AirAsia, SilkAir, China Airlines), Kuala Lumpur (AirAsia), Penang (AirAsia), Bandar Seri Begawan (Royal Brunei), Bangkok (AirAsia), Hong Kong (Cathay Pacific, Garuda), Taipei (China Airlines) dan juga tujuan lainnya.

Menuju Malang dari Bandara Juanda (Surabaya)

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah Bandara Surabaya berada di sebelah selatan jalan menuju Kota Malang, sehingga jika Anda tidak memiliki keperluan khusus di Surabaya sebaiknya memilih penerbangan langsung ke Malang.

Kereta Api

Untuk menuju Malang dari berbagai lokasi di Jawa dapat juga menggunakan jenis transportasi kereta api. Terdapat berbagai pilihan kabin baik kelas ekonomi atau kereta malam (Gajayana) yang menawarkan kabin kelas bisnis dan eksekutif untuk jalur Jakarta - Malang, melalui Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kediri, Tulungagung dan Blitar. Perjalanan dari Jakarta ke Malang dengan kereta api memakan waktu 15 jam 30 menit. Kereta api juga bisa menjadi pilihan transportasi menuju Malang dari wilayah Jawa Tengah.

Bus

Banyak bus yang menyediakan layanan dari berbagai kota di Jawa menuju Malang (terminal Arjosari). Bus paling banyak berasal dari terminal Bungurasih Surabaya. Bus dengan tujuan langsung ke malang juga tersedia untuk lokasi Surakarta, Yogyakarta dan Jakarta. Terdapat dua jenis pilihan transportasi bus. Pertama bus lokal dengan fasilitas AC namun akan berhenti di setiap terminal yang dilewati. Kedua bus Patas dengan fasilitas AC dengan tanpa berhenti di terminal yang dilewati. 

 

Share