materi_fatwa_ramdani
09:56

Webinar Diskusi Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang

Salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, D.Sc. Fatwa Ramdani, S.Si., M.Sc. menjadi pembicara dan pemateri utama dalam acara Webinar Diskusi Dosen Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang dilaksanakan pada Rabu (24/3/2021) secara daring melalui Zoom dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Kegiatan webinar ini bertema Peran Riset Dosen dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi dan Kiat Menulis di Jurnal Internasional Bereputasi yang dihadiri oleh pimpinan dan seluruh dosen dari Fakultas Saintek UIN Imam Bonjol Padang.

wdi_uin_imam_bonjolPembukaan disampaikan oleh Dr. Nana Sepriyanti, M.Si. selaku Wakil Dekan I Fakultas Saintek Imam Bonjol Padang. Beliau mengucapkan terima kasih kepada pemateri yaitu D.Sc. Fatwa Ramdani, S.Si., M.Sc. yang bersedia membagikan ilmunya kepada Fakultas Saintek dikarenakan fakultas ini termasuk yang baru lahir dan berjalan kurang lebih selama 2 (dua) tahun sehinggal belum ada lulusan yang dihasilkan serta dosen-dosen yang berhomebase di Fakultas Saintek mayoritas diisi oleh dosen muda yang butuh pengalaman dalam menulis penelitian. Diharapkan para dosen tidak hanya unggul dalam bidang akademik dan pengajaran tapi juga unggul dalam penelitian dan penulisan jurnal ilmiah.

fatwa_sbg_pemateriDalam kegiatan webinar ini terdapat 2 (dua) materi yang akan disampaikan oleh D.Sc. Fatwa Ramdani, S.Si., M.Sc. yang pertama membahas Penelitian Bidang Komputer dalam Peningkatan mutu Perguruan Tinggi dan yang kedua Kiat Menulis di Jurnal Internasional Bereputasi. Fatwa menjelaskan tugas seorang dosen selain mengajar adalah melaksanakan riset, peran riset dosen ini sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan Perguruan Tinggi. Mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, pendidikan diartikan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan. Sedangkan riset atau penelitian diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman atau pengujian suatu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Fatwa dalam webinar ini menekankan bahwa tugas utama seorang dosen adalah melaksanakan riset dikarenakan hasil dari riset atau penelitian yang dilaksanakan dosen tersebut dapat disampaikan damalam bidang pendidikan yaitu pada saat dosen tersebut mengajar dan menyampaikan kepada mahasiswa. Hasil riset juga dapat diterapkan kepada masyarakat yang bentuknya berupa pengabdian kepada masyarakat. Tentunya melaksanakan riset atau penelitian dilakukan secara berkala karena ilmu pengetahuan selalu update.

“sebelum kita membuat penelitian sebaiknya kita ketahui dulu permasalahan yang umum terjadi, ketika permasalahan tersebut kita pilih maka kita tentukan pemilihan metode ilmiahnya selanjutnya laksanakan proses penelitian. Dari proses penelitian kita akan mendapatkan hasil penelitian dan hasil ini dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan baru”

risek_penjiplakFatwa juga berpendapat sebaiknya bagi para dosen tumbuhkan rasa kejujuran dalam melakukan riset, hindari penjiplakan karena hal tersebut akan merusak mutu serta kualitas dari peradaban bangsa. Karena sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi bahwa hasil penelitian bermanfaat untuk peningkatan mutu Perguruan Tinggi dan kemajuan peradaban bangsa. Kemudian utamakan kualitas dari kuantitas dari penulisan riset tersebut. Tidak lupa untuk selalu update ilmu pengetahuan dan hal tersebut juga menjadi tugas utama seorang dosen. Fatwa menghimbau untuk menciptakan iklim riset, dalam artian mengadakan seminar mingguan dan progress report, melibatkan mahasiswa dalam program riset yang dikerjakan, membangun skill humanis bukan dengan kompetisi digital dan yang terakhir bangun jaringan dengan peneliti dari luar negeri.

better_brain_fatwaTerakhir Fatwa juga mengingatkan para dosen di Fakultas Saintek UIN Imam Bonjol Padang untuk tidak lupa berolah raga demi meningkatkan imun dalam tubuh, selain itu berolah raga juga dapat meningkatkan fokus dalam diri seseorang dan dapat lebih baik dalam mengatur waktu. Kedua asupan makana juga harus dijaga, hindari junk food karena akan menimbulkan dampak kegelisahan, kekhawatiran dan kecemasan. Perbanyak makan makanan yang mengandung omega 3 dan vitamin. Karena asupan yang baik akan menciptakan otak yang sehat dan lebih jernih dalam berfikir maka akan lebih mudah dalam mengerjakan riset dan penelitian. Semoga masukan dan arahan dari D.Sc. Fatwa Ramdani, S.Si., M.Sc.kepada seluruh dosen di Fakultas Saintek UIN Imam Bonjol Padang menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam peningkatan mutu Perguruan Tinggi dan publikasi jurnal.(drn)

 

 

 

 

Share