02_proses_identifikasi_masalah
17:53

Tim Dosen JSI FILKOM Bangun SIM Sekolah untuk Tingkatkan Efektifitas Manajemen

Tim dosen dari Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (JSI FILKOM UB) telah mengembangkan sebuah Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIM Sekolah) dengan tujuan untuk membantu meningkatkan efektifitas manajemen sekolah. SIM Sekolah ini berbasis Electronic Resource Planning (ERP) dan dibuat untuk dapat diakses dengan web dan perangkat mobile yang terintegrasi. Pengembangan SIM ini merupakan implementasi pengabdian kepada masyarakat oleh akademisi FILKOM yang terdiri atas Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D. (Ketua Tim), Dr. Eng., Herman Tolle, ST., MT., Wibisono Wardhono, S.T., MT. dan Bondan Sapta Prakosa, ST., M.Kom. Selain itu ada dua orang mahasiswa FILKOM Angkatan 2017 yang juga dilibatkan, yaitu Hilmi Aziz Bukhori dan Nur Azizah.

Dijelaskan oleh Diah Priharsari bahwa SIM Sekolah ini dibuat berdasarkan hasil identifikasi masalah dan penggalian kebutuhan yang dilakukan di salah satu sekolah swasta di Malang, yaitu SMP Gracia Nusantara. Dari proses tersebut diketahui bahwa pada sekolah tersebut semua kegiatan akademik yang dilakukan masih berjalan secara manual atau belum terkomputerisasi. Oleh karena itu data yang dimiliki belum tersimpan dengan baik dan sering terjadi kehilangan data. Selain itu jika dibutuhkan data terkait administrasi sekolah, juga sulit mendapat informasi yang akurat. Maka SIM Sekolah dirancang untuk memberikan solusi aitas permasalahan tersebut.

01_tampilan_sim_sekolah_SMP_Gracia_NusantaraSIM Sekolah dibuat selama tiga bulan, mulai Juli hingga September 2020. Sistem tersebut dirancang memiliki lima modul utama yaitu modul manajemen user, akademik, ujian, accounting dan admin. Modul manajemen user berfungsi mengorganisir data user termasuk di dalamnya admin, siswa, guru, staff dan orang tua siswa. Modul akademik berfungsi memonitor kehadiran siswa, pendataan kellas dan mata pelajaran, daftar silabus serta manajemen kegiatan. Modul ujian berfungsi untuk penilaian tugas dan nilai akhir serta manajemen ujian. Modul accounting berfungsi untuk manajemen pembayaran uang sekolah. Sedangkan modul admin berfungsi untuk manajemen data website dan aplikasi mobile.

02_sosialisasi_SIM_SekolahSistem ini telah disosialisasikan pada guru dan staf SMP Gracia Nusantara pada 4 Oktober 2020 lalu. Sosialisasi diberikan dalam bentuk pelatihan dan pengenalan fitur yang ada pada sistem, khususnya fitur akademik yang akan banyak digunakan oleh para guru dalam menunjang proses pembelajaran. Dengan pelatihan tersebut diharapkan pihak sekolah dapat memanfaatkan SIM Sekolah untuk menunjang aktifitas pembelajaran dan administrasi sekolah.

“Secara umum pihak SMP Gracia Nusantara telah memberikan respon positif atas adanya sistem ini. Rencananya akan segera diterapkan penggunaannya dalam manajemen sekolah pada awal semester depan mengingat untuk proses pembelajaran semester ini sudah berjalan,” jelas Diah Priharsari. [dna]

SIM Sekolah dapat diakses di http://gracianusantara.com/erp/    

 

 

 

Share