Screenshot_1
13:56

Technopreneurship Guest Lecture : Membangun Kemandirian Finansial dengan Keahlian di Bidang Teknologi Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, khususnya Jurusan Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu tecnopreneurship dengan tema Membangun Kemandirian Finansial dengan Keahlian di Bidang Teknologi Informasi pada hari Sabtu (29/5/2021) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan dihadiri sekitar 25 partisipan. Pemateri dalam kegiatan kali ini adalah R. Wahyu Parwitayasa, S.Kom. beliau adalah CEO TeknoGreed, CEO Parwita SEO, CEO Ringkas.in serta Alumni dari FILKOM UB dan dipandu oleh Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.S., M.AB. selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi yang dalam kesempatan ini bertindak sebagai moderator.Screenshot_3

Wahyu Parwitayasa menyampaikan dalam membangun perusahaan banyak hal yang harus dicermati salah satunya menyusun teknik perencanaan strategi dengan teknik SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Strengths dan weaknesses diartikan faktor internal dari usaha atau kemampuat di dalam diri sedangkan oppoetunities dan threats adalah faktor eksternal dari segala hal yang terjadi dari waktu kewaktu, sehingga Wahyu menyimpulkan sebaiknya yang digunakan dengan membalik metode SWOT menjadi OTWS. Pertama opportunities digunakan sebagai mencari peluang disekitar dengan menggunakan social media, kenali dan pahami trend pasar terbaru, dan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar. Kedua threats, untuk mengetahui pesaing disekitar kita dan mengetahui produk atau jasa yang mereka tawarkan. Ketiga weaknesses, yaitu mengetahui hal apa yang tidak dapat dilakukan akan tetapi pesaing dapat melakukannya dan mengetahui kelemahan diri agar dapat memperbaiki agar lebih baik. Terakhir strengths, yaitu memahami keahlian dan kemampuan diri sendiri, serta mengetahui kemampuan yang lebih unggul dari para competitor.

Screenshot_2Wahyu juga menambahkan mengenai metode pemasaran atau marketing, pertama dengan memberitahu orang terdekat dalam membuka suatu usaha. Hilangka rasa minder dan sungkan karena informasi dari mulut ke mulut sangat efektif. Kedua bergabung dalam komunitas yang bertujuan sama agar tesalurkan sifat positif dan keinginan untuk berkembang. Masuk dalam dunia maya, usahakan untuk membuat profil bisnis online dan membuat website sendiri. Tidak lupa daftarkan usaha yang telah berjalan di Google Maps dan gunakan email sebagai media promosi. Banyak hal yang disampaikan oleh Wahyu Parwitayasa dalam membagikan pengalamannya dalam membangun usaha tentunya hal ini menjadi pelajaran positif bagi mahasiswa yang ikut dalam kegiatan kuliah tamu ini agar semangat membangun kemandirian finansial dengan keahlian di bidang teknologi informasi dapat tersalurkan.(drn)

 

Share