foto_pertama_sosalisasi
22:16

Sosialisasi Topik Skripsi Prodi Teknik Informatika

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) khususnya Program Studi Teknik Informatika (TIF) beserta Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) mengadakan Sosialisasi Topik Skripsi Prodi Teknik Informatika pada hari Kamis (4/2/2021). Sosialisasi ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dikarenakan masih dalam pandemi Covid-19. Materi yang disampaikan terbagi oleh masing-masing KJFD yang terdiri dari KJFD Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ), KJFD Multimedia, Game dan Mobile (MGM), KJFD Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan KJFD Komputasi Cerdas (KC). 

Sebelum dimulainya acara sosialisasi ini Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D. selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika menyampaikan dalam menyusun tugas akhir, mahasiswa sebaiknya dengan cermat memilih topik dan judul yang akan diambil. Mahasiswa juga dihimbau agar lebih pintar dalam mengatur waktu baik dalam mengerjakan ataupun berkonsultasi kepada dosen pembimbingnya. Selain aspek hardskill, mahasiswa juga harus mengedepankan aspek softskill, dalam arti sopan santun harus tetap dijaga dalam berkonsultasi dengan dosen. 02_standart_foto_web_horizontal_filkom

Masuk dalam materi, salah satu contoh yang akan dibahas yaitu dari KJFD Multimedia, Game dan Mobile (MGM), Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT. selaku pemateri yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik menyampaikan bahwa mahasiswa harus pintar dalam memilih studi kasus atau topik yang akan diambil. Arahan dan masukan dari dosen pembimbing juga harus segera dikerjakan. Mahasiswa juga harus paham dalam research permasalahan yang dicari dengan metode wawancara dari berbagai sumber, kemudian research solusi dari masalah yang ditemukan kemudia melakukan pengujian atas solusi yang telah dicipatakan. Dari berbagai materi yang disampaikan oleh dosen, banyak sekali mengingatkan selain teori mahasiswa juga harus mengedepankan aspek perilaku dimana adanya sopan santun dalam berkomunikasi dengan dosen. Untuk penawaran topik dari masing-masing KJFD dapat di download di bawah ini.(drn)

KJFD Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ) : https://s.ub.ac.id/21

KJFD Multimedia, Game dan Mobile (MGM) : https://s.ub.ac.id/22

KJFD Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) : https://s.ub.ac.id/23

KJFD Komputasi Cerdas (KC) : https://s.ub.ac.id/24        

 

 

 

Share