01_Sosialisasi_PKL_PTI_mahasiswa_angkatan_2018
13:49

Sosialisasi Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Prodi PTI Angkatan 2017 dan 2018

Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) Eksekutif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (EMPTI) menyelenggarakan kegiatan webinar Sosialisasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa Prodi PTI angkatan 2017 dan 2018 pada Rabu (6/01/2021). Webinar diselenggarakan secara daring dan diikuti oleh sekitar 50 peserta.

Acara dibuka dengan sambutan dari Muhammad Herman Saputra (2019) selaku ketua pelaksana, Jibran fawaid (2017) selaku ketua EMPTI dan Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. selaku Ka.Prodi PTI. Dalam kesempatan tersebut Helambang juga berperan sebagai narasumber yang memberikan berbagai informasi umum terkait PKL. Beberapa hal penting yang disampaikan meliputi ketentuan untuk bisa melakukan pengajuan PKL, macam jenis PKL yang diakui di Prodi PTI dan mekanisme pendaftaran PKL.

02_Sosialisasi_PKL_PTI_mahasiswa_angkatan_2018Disampaikan oleh Herlambang bahwa PKL idealnya dilaksanakan di semester 7 (tujuh). Namun pada dasarnya sesuai ketentuan pada Panduan Panduan Akademik FILKOM UB, mahasiswa dapat mengajukan pelaksanaan PKL jika jumlah mata kuliah yang sudah ditempuh dan lulus sudah mencapai minimal 96 sks. Hanya saja pada masa pandemi covid-19 sejak Mei 2020 diberlakukan ketentuan PKL Daring bagi seluruh mahasiswa FILKOM demi keamanan bersama.

“Bedanya dari PKL luring, pada pKL daring ini yang perlu diproses administrasinya hanya pendaftaran dan seminar hasil. Selain itu semuanya sama dengan PKL luring,” jelas Herlambang.

Ada tiga jenis PKL yang bisa diajukan oleh mahasiswa Prodi PTI, yaitu PKL daring eksternal pada instansi di luar FILKOM, PKL daring internal FILKOM dan PKL daring internal mandiri. PKL daring internal FILKOM adalah PKL daring yang dilakukan di unit, sub bagian atau laboratorium yang ada di FILKOM. Sedangkan PKL daring internal mandiri adalah PKL daring dengan mengerjakan project dari dosen FILKOM.

Mengenai prosedur pengajuan PKL lebih lanjut dapat diakses di https://jsi-daring.ub.ac.id/proses-akademik/pkl-daring/. Terdapat dua jenis pegajuan yang bisa dilakukan. Prosedur A adalah pengajuan PKL bagi mahasiswa yang sudah memiliki kelompok dan tempat PKL. Sementara Prosedur B adalah pengajuan PKL bagi mahasiswa yang sudah memiliki kelompok PKL tapi belum memiliki tempat PKL, atau tempat PKL membatalkan atau menolah PKL daring yang diajukan oleh mahasiswa. [dna]

 

 

 

 

Share