Thumbnail_Sosialisasi_KRS
11:17

Sosialisasi Kartu Rencana Studi Tahun Ajaran 2021 Prodi Pendidikan Teknologi Informasi FILKOM UB

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya bekerjasama dengan KBMTI menyelenggarakan Sosialisasi Kartu Rencana Studi untuk mahasiswa Angkatan 2020 pada hari Sabtu (22/5/2021) secara daring melalui Zoom. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri sekitar 50 partisipan yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Prodi PTI Angkatan 2020. Sosialisasi Kartu Rencana Studi adalah kegiatan yang bertujuan memberikan pengarahan kepada mahasiswa prodi PTI untuk melaksanakan KRS dengan benar dan memeberikan wadah bagi para mahasiswa yang bingung dalam mengisi KRS.

Materi_Pra_KRSMateri sosialisasi dijelaskan oleh Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Prodi Pendidikan Teknologi Informasi. Para mahasiswa Angkatan 2020 yang memasuki semester tiga diharapkan dapat secara mandiri dalam mengisi KRS dan wajib mengkonsultasikan kepada Dosen Pembimbing Akademik (PA), akan tetapi menurut Herlambang terdapat kondisi atau kendala yang berbeda-beda bagi setiap mahasiswa. Tentunya hal tersebut yang menjadi tujuan diadakannya sosialisasi ini. KRS yang diambil dalam semester tiga ini ditentukan oleh IP yang didapat pada semester sebelumnya atau semester dua dan slot SKS nya berbeda-beda. Tahapan yang perlu dilalui mahasiswa ketika melakukan pengisian KRS yang pertama pengisian pra-KRS, pembayaran administrasi daftar ulang, pengisian KRS, perubahan KRS (batal tambah mata kuliah) dan pencetakan KRS yang di tanda tangani oleh Dosen Pembimbing Akademik (PA). Semua proses tersebut memiliki jadwal tersendiri yang sudah ditentukan oleh pihak akademik dan akan diumumkan pada website maupun media sosial FILKOM UB.

Pra-KRS ini dikatakan dengan sistem pendataan dimana mahasiswa agar dapat mengetahui mata kuliah apa saja yang akan diambil ketika mengisi KRS. Karena data tersebut akan digunakan pihak akademik fakultas untuk mengatur jumlah kelas, jadwal kuliah dan pembagian ruangan. Seluruh mahasiswa dapat memprogram pra-KRS melalui FilkomApps dan dapat menghubungi Dosen Pembimbing Akademik (PA) secara daring melalui email atau media yang lain yang telah disepakati sebelumnya untuk mengonsultasikan terkait mata kuliah yang akan diambil.Audience_Sosialisasi_KRS

Dalam pembayaran administrasi atau daftar ulang para mahasiswa dapat melakukan pembayaran UKT sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan diumumkan secara resmi oleh FILKOM. Bagi yang memiliki kendala dapat mengajukan keringanan atau penundaan melalui mekanisme yang sudah ditetapkan oleh FILKOM. Ketiga masuk dalam pengisian KRS, intinya hanya memindah apa yang sudah diisikan pada pra-KRS. Kendala yang paling umum adalah jadwal yang bentrok atau kuota kelas yang penuh. Mahasiswa tidak perlu bingung karena dapat melaporkannya ke pihak Advokesma agar dapat dikonsultasikan ke prodi dan akademik fakultas.

Keempat, perubahan KRS (batal tambah mata kuliah) biasanya dilaksanakan minggu pertama perkuliahan dan terdapat pertimbangan dari Dosen Pembimbing Akademik (PA) dan mendapat pengesahan. Mahasiswa tidak diperkenankan pindah kelas atau batal/tambah dengan mata kuliah yang sama, hanya diperkenankan melakukan satu kali proses batal tambah mata kuliah dan tidak ada dispensasi kehadiran kuliah yang terlewat. Terakhir, pencetakan KRS dan tanda tangan Dosen PA yang kemudian mahasiswa dapat mengarsip KRS yang sudah sudah ditanda tangani pada Display Book masing-masing. Semoga dengan diadakannya sosialisasi ini dapat mempermudah dan menjadi panduan bagi mahasiswa khususnya Angkatan 2020 dalam mengerjakan dan mengisi KRS.(drn)

 

 

 

Share