01_Materi_Pak_Arief_Andy
14:28

Sosialisasi FILKOM Goes to PKM 2021

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi FILKOM Goes to PKM 2021 pada hari Rabu (3/2/2021). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara daring melalui zoom dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa FILKOM UB dari berbagai jurusan. Terdapat dua materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini, yang pertama oleh Arief Andy Soebroto, S.T., M.Kom yang membahas tentang pengenalan PKM terhadap mahasiswa, kedua diisi oleh Dr.Eng. Novanto Yudhistira, S.Kom., M.Sc yang membahas trend perkembangan teknologi komputer.

Sebelum dimulainya sosialisasi Drs. Muhammad Arif Rahman, M.Kom selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FILKOM UB menyampaikan bahwa untuk pengumpulan proposal dipercepat yang awalnya sampai pertengahan bulan Maret 2021 menjadi akhir Februari 2021. Selain itu beliau juga mengingatkan kepada mahasiswa seiring bertambahnya waktu persaingan akan semakin sengit dan sulit, maka dari hal tersebut diharapkan agar para mahasiswa dapat mematangkan ide serta metode-metode yang dipilih. Selanjutnya beliau menghimbau untuk bapak dan ibu dosen agar menyumbangkan ide yang dimiliki sehingga banyak mahasiswa FILKOM UB yang terbantu dan akhirnya tertarik untuk mengikuti PKM 2021.

02_Materi_Pak_Novanto_YudhistiraMasuk dalam materi pertama yang disampaikan Arief Andy Soebroto, S.T., M.Kom mengenai pengenalan PKM terhadap mahasiswa beliau menjabarkan PKM terdiri dari 8 macam yaitu PKM-R (Penelitian Eksakta dan Soshum), PKM-PI (Penerapan Industri), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM-KC (Karya Cipta), PKM-AI (Artikel Ilmiah), PKM-GT (Gagasan Tertulis) dan PKM-GFK (Gagasan Fituristik Konstruktif). Para Mahasiswa boleh memilih yang mana yang akan diikuti dengan beliau memberikan saran untuk membuat konsep sederhana yang menyangkut permasalahan nyata di masyarakat saat ini. Topik yang dipilih tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah terkini dan judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. Selanjutnya Arief Andy juga menyampaikan bahwa memiliki ide dan siap dilimpahkan ke mahasiswa.Materi kedua disampaiakan oleh oleh Dr.Eng. Novanto Yudhistira, S.Kom., M.Sc yang membahas trend perkembangan teknologi komputer. Beliau menyampaikan trend yang berkembang saat ini adalah AI (artificial intelligence) yang diartikan sebagai simulasi kecerdasan manusia yang ditanamkan ke dalam mesin kemudian diprogram agar berpikir seperti manusia dan meniru tindakannya. AI sudah diaplikasikan di berbagai mesin di dunia dan masih akan terus berkembang. Dengan disampaikannya kedua materi diatas diharapkan bagi mahasiswa FILKOM UB untuk lebih dapat mengenal tentang PKM serta dapat menumbuhkan rasa antusias untuk mengikuti PKM 2021. Untuk materi sosialisasi dapat di unduh di bawah ini. (drn)

 

File Unduhan : 

Materi 1 https://s.ub.ac.id/1v 

Materi 2 https://s.ub.ac.id/1w 

 

 

 

 

 

 

 

Share