Peserta_UM_ITK_STIMATA
15:39

Serah Terima Mahasiswa Peserta MBKM FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya melaksanakan kegiatan Serah Terima Mahasiswa Peserta MBKM yang dihadiri oleh perwakilan dan mahasiswa dari Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan STMIK Pradnya Paramita (STIMATA). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin (1/3/2021) secara daring melalui Zoom dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Kebijakan pertukaran mahasiswa ini termasuk dalam program MBKM yang berhubungan dengan kurikulum dengan hak mahasiswa untuk 3 semester kuliah di luar prodi dengan rincian 1 semester dalam lingkup perguruan tinggi dan 2 semester di luar perguruan tinggi. Kebijakan ini mengacu pada Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada pasal 18 Permendikbud tersebut menyebutkan bahwa Perguruan Tinggi wajib memfasilitasi pelaksanaan pemenuhan masa dan beban dalam proses pembelajaran.

Sambutan_Dekan_FilkomDiawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. Beliau berterimakasih kepada UM, ITK dan STIMATA yang sudah mempercayai FILKOM UB untuk melaksanakan student exchange, sebagai awal kerjasama antar universitas, selain itu juga untuk memenuhi indeks kinerja fakultas. Selain itu Wayan Firdaus berpendapat bahwa pembelajaran online menjadikan semua Perguruan Tinggi setara dalam menjalankan proses pembelajarannya. Dimana ada kekurangan yang sama dalam proses pembelajaran Online. Tentu hal ini menjadi tujuan FILKOM UB untuk mencoba segala macam upaya dalam memberikan pembelajaran yang baik kepada mahasiswa. Beliau berharap semoga proses student exchange dapat diikuti mahasiswa dari luar UB dengan penuh antusias dan berjalan dengan baik sampai akhir semester.

Sesi kedua dilanjut dengan respon dari perwakilan UM, ITK dan STIMATA. Dari UM diwakili oleh Anik Nur Handayani yang menyampaikan rasa terima kasih karena mahasiswa UM sudah disambut oleh FILKOM dengan baik. Beliau berharap semoga Kerjasama antara FILKOM dengan UM student exchange, bisa dari penelitian dan pengmas dosennya. Serta di akhir Anik menitipkan mahasiswa UM yang mengambil mata kuliah di FILKOM disetarakan, jika melakukan kesalahan wajib dan tidak segan untuk ditegur. Kemudian dari ITK diwakili oleh Nurul Widiastuti, beliau berterima kasih atas terjalinnya kerjasama ITK dengan UB, dan menghimbau para mahasiswa ITK untuk mendapat yang melaksanakan studi dengan sungguh-sungguh selama di UB. Dan yang terakhir dari STIMATA yang diwakili oleh Utsalina Safiroh, beliau mengucapkan terima kasih karena STIMATA diterima bergabung dalam program MBKM ini dengan FILKOM UB khususnya di Prodi PTI dan TI. Selain itu beliau juga berharap mahasiswa STIMATA mendapatkan banyak pengalaman dalam masa study di UB meskipun sifatnya online.

sambutan_issaKetiga sambutan dari Ketua Jurusan Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. beliau menyampaikan telah melaksanakan briefing Kegiatan MBKM ini kepada ITK dan STIMATA seminggu sebelum acara serah terima ini. Briefing tersebut bertujuan agar mahasiswa dari luar UB mengetahui proses dan prosedur perkuliahan, dimana mempertemukan antara dosen FILKOM dengan mahasiswa dari ITK dan STIMATA serta memberikan penjelasan tentang e-learning FILKOM UB. Terakhir ada sedikit informasi yang disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT. yaitu mahasiswa inbond akan diberikan NIM sehingga mahasiswa dapat mengakses platform pembelajaran yang ada di FILKOM UB. Pada akhir proses perkuliahan, pihak fakultas juga menyediakan surat keterangan dari pimpinan yang berwenang dan nilai yang didapat untuk dipakai di kampusnya masing-masing.(drn)

 

 

Share