01_program_prof_3_in_1_PTI
12:18

Professor 3 in 1 Program: Best Practice Menjadi Pendidik Masa Depan dengan Teknologi

Nizar Lutfiansyah, S.T. dari PT. Karisma Garuda Mulia, berbagi pengetahuannya dalam bidang blended learning pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) FILKOM UB dalam program professor 3 in 1 yang diselenggarakan secara daring pada 16 – 19 Desember 2020. Kegiatan ini diadakan untuk memberikan informasi bagi calon lulusan Prodi PTI tentang best practice menjadi pendidik masa depan dengan memanfaat teknologi.

Untuk diketahui, PT. Karisma Garuda Mulia adalah perusahaan profesional di bidang pelatihan software dan developer teknologi pembelajaran berbasis e-learning yang berkantor pusat di kota Malang, Jawa Timur. Dalam kesempatan ini Nizar beserta timnya berkesempatan menyampaikan paparannya dalam empat sesi. Dimana setiap sesi disampaikan sehari sekali hingga empat hari berturut-turut.

01_sesi_praktekSesi pertama disampaikan sendiri oleh Nizar dengan membahas tentang strategi blended learning secara umum. Sesi ini memberikan informasi dasar mengenai blended learning yang kemudian menjadi pondasi pengetahuan untuk melangkah pada sesi selanjutnya. Dalam penjelasannya Nizar menyampaikan bahwa blended learning adalah kombinasi tipe pembelajaran tradisional dan fully online. Hakikatnya blended learning memfasilitasi interaksi sistematis tiga unsur pembelajaran (siswa, guru dan sumber belajar) secara tatapmuka dan online. Kelebihan metode ini adalah dapat mereduksi instrukttivisme, memungkinkan penggunaan seluruh tipe kecerdasan, fleksibilitas dan akses luas kepada pengetahuan, meningkatkan literasi TIK serta efisiensi biaya. Sementara itu kelemahannya yaitu adanya ketergantungan pada infrastruktur dan alat teknologi dan kewajiban menguasai literasi teknologi.

Sementara itu pada sesi materi kedua hingga keempat, lebih difokuskan pada praktek pembuatan media pembelajaran dengan metode blended learning. Dimana sesi kedua dan ketiga para peserta diajak bersama membuat learning management system (LMS) dengan memanfaatkan wordpress dan learndash. Sedangkan pada sesi terakhir (sesi keempat) peserta diajarkan untuk membuat konten pembelajaran online interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline. Sesi kedua hingga keempat tersebut dipandu oleh Zahidan Ghifari Azmi selaku tenaga Instruktur di PT. Karisma Garuda Mulia. [dna]

 

 

 

Share