01_Peserta_pembekalan_PLP_Prodi_PTI
16:14

Prodi PTI Berikan Pembekalan bagi Mahasiswa Calon Peserta PLP

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) FILKOM UB memberikan pembekalan bagi mahasiswa yang sudah mendaftar program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) pada Semester Ganjil TA. 2020/2021. Acara pembekalan dilakukan secara daring selama empat hari, yaitu tanggal 9, 10, 16 dan 17 Oktober 2020. Tercatat sekitar 140 peserta yang ikut dalam kegiatan ini.

01_listyanti_dewi_saat_sesi_materiSecara umum kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan kesempatan bagi mahasiswa calon peserta PLP untuk mengamati manajemen serta kultur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Harapannya hal tersebut kemudian dapat memperkuat kompetensi mengajar para mahasiswa PTI. Adapun enam narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah guru SMK di Malang dan dosen dari Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (FT UM). Mereka adalah Listyanti Dewi Astuti, S.Pd., M.Kom. (SMKN 12 Malang), Wahyu Nur Hidayat, S.Pd., M.Pd. (FT UM), Etik Fariati, S.Pd. (SMKN 6 Malang), Aditya Imam Pratama, S.Pd., M.Pd. (FT UM), Tri Wahjoedi Hidajat, M.Pd. (SMKN 5 Malang) dan Dian Purwanto, S.Pd. (SMKN 5 Malang).

02_materi_hari_pertamaBeberapa materi yang disampaikan pada tanggal 9 – 10 Oktober 2020 lalu meliputi kajian manajemen organisasi sekolah, pemanfaatan teknologi pembelajaran, kajian bimbingan konseling persekolahan, penanganan kesulitan belajar pada siswa, dan skenario pembelajaran teori serta praktik. Dalam penjelasannya tentang manajemen organisasi sekolah Listyanti menyampaikan bahwa mengetahui manajemen organisasi sekolah tempat melaksanakan PLP sangat penting. Hal ini dikarenakan mahasiswa juga merupakan bagian organisasi sekolah saat menjalankan perannya dalam program PLP.

02_materi_adri_wahyu_nur_hidayatSementara itu pada tanggal 16 – 17 Oktober 2020 mendatang, beberapa materi yang rencananya akan disampaikan meliputi kajian manajemen laboraturium TIK, telaah bidang studi teknologi informasi, kajian kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, penyusunan perangkat mengajar dan pembelajaran mikro. Harapannya dengan pembekalan ini maka mahasiswa Prodi PTI bisa melaksanakan PLP dengan baik dan mendapat banyak pengalaman yang bermanfaat untuk karirnya seusai studi program sarjananya di FILKOM UB. [dna]

 

 

 

Share