platform_video_pembelajaran_filkom
14:32

Peluncuran Portal Video Pembelajaran FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan acara peresmian Auditorium Algoritma pada hari Rabu (17/3/2021). Dalam acara peresmian yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan pimpinan FILKOM tersebut diselenggarakan pula peluncuran Portal Video Pembelajaran FILKOM UB. Sambutan disampaikan oleh Dekan FILKOM yaitu Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. yang menyampaikan portal video pembelajaran ini sebagai sarana menjaga mutu pengajaran dalam pemberian pembelajaran kepada mahasiswa. Pada masa pandemi saat ini pembelajaran biasanya hanya melalui Zoom atau GMeet, FILKOM mencoba hal baru dengan menyediakan video-video pembelajaran yang dapat diakses secara mudah oleh mahasiswa.

platform_gambar_pak_wayanTerdapat dua platform yang digunakan oleh FILKOM yaitu https://filkomub.ap.panopto.com dan https://eling.ub.ac.id yang  dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa. Panopto sendiri adalah sebuah aplikasi untuk streaming sekaligus dapat sebagai recording video teaching yang digunakan bersamaan dengan presentasi slides ataupun resources lainnnya secara online di FILKOM. Platform ini disediakan  untuk membantu para dosen dalam membuat video pembelajaran. Sedangkan Eling sebagai portal daring di FILKOM, website ini memuat tentang informasi penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan berbagai informasi kegiatan belajar di FILKOM serta diselenggarakan secara jarak jauh. Menu yang terdapat di Eling yaitu layanan perkuliahan secara daring, praktek kerja, skripsi dan bimbingan akademik.

pltform_gambar_herman_tolleSalah satu unsur penting dalam e-Learning berbasis video yang diterapkan oleh FILKOM adalah dengan adanya metode secara storytelling dalam setiap materi perkuliahan yang disampaikan oleh dosen. storytelling memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu metode untuk membagikan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, terlebih jika informasi disampaikan dengan cara yang baik dan benar maka ilmu pengetahuan tersebut akan lebih mudah untuk dipahami. Dengan bantuan teknologi pada saat ini, perkuliahan yang berbasis video memberikan rasa nyaman bagi para mahasiswa, karena mahasiswa tersebut dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Selain itu, mahasiswa juga memiliki kebebasan dalam menentukan lokasi yang dianggap terbaik bagi dirinya agar dapat lebih optimal dalama menerima dan memahami materi pembelajaran.

Memasuk era baru transformasi pembelajaran, perlu diketahui otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada melalui teks, dan 90% informasi yang dikirimkan ke otak adalah dengan bentuk visual. Didukung dengan adanya elemen audio dalam merangsang otak agar dapat memahami materi kuliah dengan lebih baik. Sesuai dengan himbauan Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT. pada saat sosialisasi Integrasi Platform Eling dan Panopto (10/2/2021) menghimbau agar para dosen sebaiknya dalam proses belajar mengajar tidak hanya memberikan tugas saja kepada mahasiswanya, akan tetapi juga harus menyampaikan materi dalam setiap pertemuan dengan menggunakan video pembelajaran. Dosen menyiapkan video ajarnya sebelum kelas dimulai dan sebaiknya video dibagi per materi yang disampaikan agar mahasiswa dapat lebih mudah memahami setiap materi yang disampaiakan.(drn)

 

 

Share