01_Ivan_pada_pelatihan_jaringan_prodi_PTI
04:42

Pelatihan Jaringan Dasar bagi Mahasiswa Prodi PTI

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) mengadakan pelatihan jaringan dasar bagi mahasiswa yang akan melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II. Kegiatan dilakukan secara daring selama dua hari pada 30 – 31 Januari 2021. Instruktur yang dipercaya pada kesempatan ini adalah Ivan Yulfrian, S.Kom., staf PSIK bagian jaringan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Acara diiikuti oleh lebih dari 30 mahasiswa Prodi PTI yang sudah memprogram PLP II pada KRS Semester Genap TA. 2020/2021.

Tri Afirianto, S.T., M,T. dosen FILKOM sekaligus kektua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon pelaksana PLP II yang biasanya juga mendapat tugas administrasi dari pihak sekolah. Tugas tersebut biasanya meliputi rekap nilai siswa, sebagai guru piket, merakit komputer, memperbaiki komputer, perawatan jaringan di laboratorium, dan instalasi operating system (OS).

“Karena mereka mahasiswa yang mengenyam pendidikan di bidang teknologi informasi, harapannya mampu mengerjakan tugas administrasi iotu. Tapi kenyataannya ada beberapa mahasiswa yang masih mengalami kendala, misalkan terkait pemasangan jaringan. Jadi kita adakan pelatihan ini untuk membekali mereka,” jelas Tri Afirianto.

Memulai pelatihan, Ivan menjelaskan tentang protokol, kesepakatan dan hirarki layanan pada jaringan komputer. Termasuk didalamnya tentang TCP/IP yang merupakan standar komunikasi pada host jaringan dan juga Open System Interconnection (OSI) yang merupakan standarisasi protokol jaringan. Selanjutnya pembahasan pada hari pertama juga meliputi network device, terminasi & cabling:UTP, terminasi fiber optic, IPv4 Addressing, IPv4 Subnetting, Classless Inter Domain Routing (CIDR), Variable-Length Subnet Mask (VLSM), Network Address Translation (NAT), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Address Resolution Protocol (ARP) dan Server: OS, Service, VN & Container Technology. Sementara itu pada hari kedua peserta diajak melakukan pemasangan OS Virtual serta praktek jaringan melalui OS Virtual. [dna]

 

 

 

Share