peserta_di_ruang_transit
09:53

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 Di Fakultas Ilmu Komputer UB

Senin (12/4/2021) UTBK SBMPTN 2021 hari pertama resmi dimulai. Fakultas Ilmu Komputer UB menjadi salah satu fakultas di lingkup Universitas sebagai penyelenggara ujian. Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 12 April sampai dengan tanggal 18 April 2021. Sedangkan untuk gelombang kedua dimulai tanggal 26 April sampai dengan tanggal 30 April 2021 dan 1 sampai dengan 2 Mei 2021.

thermo_cameraDalam satu hari terbagi menjadi dua sesi ujian, pelaksanaan hari pertama di FILKOM UB, sesi satu dimulai pukul 07.15 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 13.20 WIB, akan tetapi para peserta ujian harus sudah siap 30 menit sebelum waktu dimulai agar tidak terjadi keterlambatan dalam menyiapkan berkas dan pelaksanaan ujian. Tidak lupa protokol kesehatan juga harus dilaksanakan dalam kegiatan ujian UTBK 2021 ini karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sebelum memasuki koridor Gedung F dan Gedung G yang digunakan sebagai ruang transit para peserta dianjurkan untuk berbaris dengan jarak minimal 1 meter demi menerapkan social distancing. Selanjutnya diarahkan untuk cuci tangan terlebih dahulu dan cek suhu pada alat thermal camera yang sudah disediakan oleh panitia.

pintu_masukSetelah melakukan cek suhu pada thermal camera, para peserta dipersilahkan duduk di tempat transit yang telah ditetapkan sebelum memasuki ruang ujian. Ruang ujian UTBK 2021 di FILKOM UB dilaksanakan di ruang Laboratorium Gedung G lantai 1. Untuk memasuki ruang ujian para peserta ujian hanya diperbolehkan membawa map yang disediakan oleh panitian yang diisi lembar peserta dan ijazah atau surat keterangan lulus, sementara gadget, aksesoris seperti jam tangan serta alat tulis  dimasukkan di dalam tas dan ditinggal diruang transit karena sudah menjadi peraturan tetap pelaksanaan ujian.

kunjungan_wd2Saat memasuki ruang ujian para peserta dianjurkan untuk memakai handsanitizer dan sarung tangan yang ada di dalam map yang diberikan panitia di ruang transit. Kemudian peserta dipersilahkan duduk di komputer yang ada di setiap laboratorium. Tidak lupa dalam penataan letak komputer diatur jarak minimal antar setiap komputer yang ada demi menjaga protokol kesehatan selama pandemi. Setiap kelas diawasi oleh dua orang pengawas yang terdiri dari teknisi serta pengawas ujian, para pengawas ini berasal dari dosen serta tenaga kependidikan FILKOM UB.

Walaupun dalam situasi pandemi yang belum selesai sampai saat ini dan akan memasuki bulan Ramadan di hari kedua ujian, para peserta dihimbau untuk tetap semangat dan menjaga fokus dalam mengerjakan tes demi diterimanya di Universitas favorit dan yang diinginkan oleh peserta itu sendiri. Semoga Sukses Calon Mahasiswa Baru!(drn)

Share