Gojek_pemateri_satu
09:42

Online Learning : Cloud & Serverless Computing Environment

Basic Computing Community (BCC) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan Kuliah tamu bertema Online Learning yang dilaksanakan pada Sabtu (29/5/2021) dengan mengundang GOJEK. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melaluii Zoom dan dihadiri sekitar 30 partisipan. Sesi Backend kali ini dihadiri oleh mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, perwakilan kerjasama FILKOM, Koordinator GoAcademy, dan pemateri dari GOJEK. Online Learning merupakan salah satu dari empat kegiatan kolaborasi antara BCC dengan GOJEK yang berfokus pada pengembangan pengetahuan mahasiswa seputar IT. Kolaborasi selama dua semester ini dibagi menjadi beberapa sesi dengan topik berbeda sesuai minat mahasiswa dan ketersediaan pemateri dari GOJEK.

implementasi_serverlessOnline Learning memuat berbagai macam topik bahasan pada bidang Product Management, Back End, Front End, hingga Data Science, sehingga memicu perbedaan peserta dalam setiap sesinya. Pemateri yang menjadi pembicara dari setiap sesi berasal dari karyawan GOJEK itu sendiri sesuai bidang dan spesialisasi kerja mereka. Salah satu sesi dari Online Learning diadakan Sabtu (29/2/2021) lalu dengan topik Backend : “Cloud & Serverless Computing Environment” Materi berdurasi satu setengah jam tersebut dipimpin oleh moderator dari anggota BCC bernama Harun Ulum Fajar dan disampaikan oleh salah satu Cloud Platform Engineer andal dari GOJEK bernama Zufar Dhiyaulha. Pada materi Backend ini pemateri menjelaskan secara dasar terkait apa itu Serverless dan bagaimana peran Serverless dalam menyelesaikan permasalahan Cloud Computing.

Topic yang dibahas mengenai What is Serverless, Serverless vs Non-Serverless, Myth of Serverless, Hands-On Serverless using KataCoda.Selain menjelaskan materi secara konseptual dan teoritis, pemateri juga mendemokan secara langsung implementasi Serverless melalui platform KataCoda. Pemateri juga memberikan hands-on bagaimana untuk menggunakan Serverless melalui studi kasus fibonacci. Pada materi Cloud & Serverless Computing Environment ini pemateri menjelaskan secara dasar dengan cukup baik sehingga para peserta antusias untuk mencoba dan berdiskusi selama sesi berlangsung. Selain mendapat ilmu dan pengetahuan baru, para peserta OL ini juga mendapatkan e-sertifikat.(kmg/drn)

Share