01_online_learning_gojek_0121
04:36

Online Learning by Gojek: Product Development Process

Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melalui BCC bekerja sama dengan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (AKAB) yaitu perusahaan yang menaungi GOJEK, untuk menyelenggakan Online Learning Product Development Process pada Sabtu (30/1/2021). Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom ini diikuti 131 peserta terdiri atas mahasiswa FILKOM, anggota komunitas BCC dan umum. Untuk diketahui Basic Computing Community (BCC) adalah salah satu komunitas di FILKOM yang berda dibawah naungan Laboratorium Pembelajaran.

Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc, dosen FILKOM sekaligus ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan ilmu dan kompetensi mahasiswa dengan teknologi terkini di bidang desain produk aplikasi dan pengalaman pengguna. Selain itu diharapkan juga bisa menjadi jembatan yang lebih baik untuk kerjasama FILKOM UB dan PT. AKAB kedepannya.

Arum Kusalawicitra (Product Manager GOJEK) menjadi narasumber pada kegiatan ini, dengan dipandu oleh Safira Eldi sebagai moderator. Mengawali paparannya  Arum menjelaskan bahwa MVP adalah sebuah produk yang baru lahir atau baru ada dan cukup aman untuk mengikuti trend, karena dari segi fungsi terpenuhi dan tidak membebani penggunanya. Selanjutnya Arum juga menyampaikan lima hal penting lainnya meliputi product discovery yang mengkaji kebutuhan user, discovery practices yang menjelaskan praktek dari ide yang ditemukan, defining user problem untuk mengetahui permasalahan yang dialami user, feature prioritization atau fitur unggulan dalam aplikasi yang diciptakan dan yang terakhir product development process untuk mengetahui sejauh mana aplikasi yang kita ciptakan akan berkembang. Harapannya dengan kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa dalam memunculkan ide-ide baru di dalam teknologi demi mengatasi permasalahan yang ada di tengah mayarakat saat ini. [drn/dna]

 

 

 

Share