Profil_Ihwanudien_Hasan
14:23

Kuliah Tamu SPEak Around : How IT Companies Build A Project

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya bekerjasama dengan PT. Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) untuk melaksanakan kuliah tamu yang bertema How IT Companies Build A Project : an Overview yang diisi oleh SPE. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (20/4/2021) secara daring melalui Zoom dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Peserta berjumlah sekitar 130 partisipan yang dihadiri oleh mahasiswa FILKOM dari berbagai program studi dan angkatan. Pemateri utama dari kuliah tamu ini adalah Ihwanudien Hasan Robbani, beliau sebagai Project Management Head SPE Solution dan alumni dari FILKOM UB Angkatan 2012 yang dipandu dengan Tri Afirianto, S.T., M.T. selaku pembawa acara dan moderator.

Sambutan_Dekan_SPEak_AroundMengawali acara, Dekan FILKOM UB yaitu Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. memberikan sambutan dengan adanya kuliah tamu dari SPE ini akan memperkaya wawasan bagi mahasiswa, baik untuk berwirausaha atau terjun langsung ke dunia industri. Apalagi dengan adanya program MBKM mahasiswa diberikan kesempatan luas untuk belajar langsung di industri. Harapan kedepan mahasiswa mendapatkan kesempatan magang di SPE dan menjadi hal positif bagi SPE sendiri dengan mendapat talenta-talenta dari lulusan FILKOM UB.

Bernadeta_SiwiAcara yang pertama yaitu perkenalan dari pihak SPE Solution yang dibawakan oleh Bernadeta Siwi Ariani selaku Talent Acquisition SPE Solution. SPE sendiri bergerak dibidang jasa untuk membantu klien baik di Indonesia dan Asia Tenggara dalam memenuhi kebutuhan teknologi dalam hal keuangan dengan spesialisasi di bidang pengembangan dan manajemen solusi pembayaran, payment gateway, e-commerce, switching, chain management systems, smart community, gamification, dan merchant management. SPE juga sudah bekerjasama dengan berbagai instansi atau perusahaan yang ada di Indonesia seperti contoh pembuatan Virtual Account untuk Bank BNI, Tilang Digital, Online Tax Payment/E-PBB, dll. 3 nilai yang dipegang oleh SPE yaitu Collaborate, Integrity dan Powerfull, dimana yang berarti SPE membentuk sebuah tim yang solid dan kreatif, memiliki integritas dalam membangun kerjasama dan selalu berusaha untuk mengembangkan diri. SPE terbagi menjadi dua kantor dimana head office berada di Jakarta sedangkan untuk workshop berada di Yogyakarta. Deta juga menyampaikan SPE memiliki program dan kegiatan yaitu diantaranya SPEcial Talent Scholarship, SPEcial Webinar, InSPErationday, dan SPEcial Academy.

Audience_SPEak_AroundMasuk dalam materi utama yang disampaikan oleh Ihwanudien Hasan Robbani, mengenai How IT Companies Build A Project : an Overview yang pertama menyampaikan fakta bahwa dalam dunia IT mahasiswa memiliki banyak pesaing ketika mereka lulus, hal ini didasari oleh sumber dari APTIKOM yang menyatakan lebih dari 500.000 mahasiswa baik S1 atau D3 yang sedang aktif belajar di lebih dari 850 perguruang tinggi di Indonesia. Tapi mahasiswa juga jangan berkecil hati karena sekitar 1000 perusahaan yang aktif dalam mencari tenaga IT baik dalam software engineer, product management, operationals, marketing and communications dan data science analysis. Ihwan juga menyampaikan dalam membangun sebuah project/product di perusahaan IT, Langkah awal yang diambil adalah menentukan planning. Planning harus difokuskan untuk suatu hal yang matang dan tidak boleh berubah-ubah karena planning yang tidak konsisten akah mengakibatkan berhentinya tujuan di tengah jalan. Yang kedua adalah Analysis diketahui dengan melakukan riset seperti wawancara, menyebar kuisioner dan observasi. Ketiga Design atau pemodelan yang terstruktur atau berorientasi objek. Keempat Implementation yaitu penerapan dari program yang telah matang untuk dikembangkan. Kelima Testing and Integration yaitu menjalankan produk atau aplikasi yang kita implementasikan untuk mengetahui kelemahan serta kelebihan agar menjadi perbaikan kedepannya dan yang terakhir adalah Maintenance, untuk memperbaiki kelemahan dari produk yang kita miliki, dan sebaiknya dilakukan secara berkala.

Setelah materi yang disampaikan SPE juga mengadakan Question and Answer serta kuis agar mahasiswa lebih antusias dalam kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pertanyaan yang masuk pada sesi tanya jawab. Para peserta juga antusias mengikuti kuis doorprize dari SPE Solutions. Harapannya semoga ada acara seperti ini kembali dengan pembahasan dan topik yang berbeda agar mahasiswa semakin berkembang dalam mendapatkan ilmu diluar dari ilmu yang didapat ketika kuliah.(drn)

 

 

 

Share