Gilang_Kurniaji_Materi
10:05

Kuliah Tamu Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Pengembangan Kreativitas Bisnis II : Pengalaman Kerja dan Pengembangan Kreativitas sebagai Product & Solution Designer di Ritase.com & Kandang.in

Pada hari kedua kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, sesi pertama membahas tentang Pengalaman Kerja dan Pengembangan Kreativitas sebagai Product & Solution Designer di Ritase.com & Kandang.in yang disampaikan oleh Gilang Kurniaji selaku Lead Product Manager di Ritase.com dan Founder Kandang.in. dan dipandu oleh Tri Afirianto, ST., MT. selaku moderator dan pembawa acara.

Startup_Career_PathGilang memaparkan dua materi dalam kesempatan kali ini, yang pertama Startup Carier Path and Requirement dan yang kedua Startup Fundamental. Gilang berpendapat menjadi seorang design engineer adalah hal yang paling menantang karena menjadi seorang yang mendesai sebuah solusi dalam permasalahan yang ada. Dalam dunia startup, peran dari design engineer sangatlah vital karena dengan temuannya akan menjadi sebuah solusi dan bisnis baru dalam dunia teknologi. Membangun startup tidaklah mudah banyak hal yang yang harus dilalui serta ada berbagai masalah yang pasti akan ditemui.

kuliah_tamu_GilangPermasalahan yang ditemui dimana kebanyakan fresh graduate tidak dibekali oleh pengetahuan  dalam membentuk startup engineering team. Karena membangun startup berbeda dengan ketika bekerja di suatu instansi yang sudah berjalan lama. Ketika menjadi bagian dalam membangun startup maka akan dituntut untuk mandiri, berinisiatif dan mampu bertahan dalam pressure. Banyak lulusan yang berkompeten dapat berkarir di perusahaan startup yang besar seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dll. Dalam startup terdapat product manager yang bertugas melakukan analisis sistem terhadap customer, dan menyampaikan hasil analisa dari permasalahan yang dialami oleh customer terhadap engginer untuk dibuatkan suatu produk atau terobosan baru. Selain itu product manager juga dituntut dalam menemukan sebuah inovasi dan pengembangan aplikasi agar perusahaan startup dapat survive dan bertahan. Selain product manager tentunya dalam perusahaan startup terdapat backend engineer, front end engineer, devops, UI and UX team serta technical support.

Audience_Product_Gilang_KurniajiSelanjutnya Gilang menyampaikan softskill yang dibutuhkan dalam menjadi bagian dalam perusahaan startup dimana anggota sebaiknya memiliki komunikasi yang bagus baik dalam berkomunikasi dengan team atau customer. Kedua dapat membangun kerjasama dan hubungan yang baik sesama anggota. Memiliki critical thinking dan dapat menciptakan problem solving. Dan yang paling penting dalam perusahaan startup kita dituntut untuk dapat berkembang secara mandiri dan memiliki sifat untuk haus akan ilmu dan pengalaman.(drn)

 

Share