Kuliah_Tamu_Etika_Profesi
12:42

Kuliah Tamu Etika Profesi Teknologi Informasi

Fakultas Ilmu Komputer UB, khususnya Jurusan Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu dengan tema Etika Profesi Teknologi Informasi pada hari Jum’at (30/4/2021) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom yang dihadiri sekitar 70 partisipan. Pemateri dalam kegiatan ini terbagi menjadi dua, yang pertama adalah Letkol CPL. Budi Harijanto, S.T., M.T. selaku Guru Militer Akademi Militer Magelang, yang kedua Ir. Afrianto Dulbahri, P.E., S.T. selaku Project Manager PT. Badak NGL Bontang dan dipandu oleh Tibyani, S.T., M.T. yang menjadi moderator.

Tibyani_Etika_ProfesiMateri pertama disampaikan oleh Letkol CPL. Budi Harijanto yang akan menjelaskan Etika Pendidikan di Dunia Militer Indonesia. Letkol Budi menyampaikan visi dari pendidikan militer adalah menjadikan pendidikan militer sebagai Center of Excellence yang dapat mewujudkan hasil didik yang profesional dan dicintai oleh rakyat, yang kedua visinya mengoptimalkan kinerja organisasi melalui program pembinaan satuan dengan melaksanakan validasi organisasi, pengisian materiil, penataan pangkalan, melengkapi peranti lunak dan pemenuhan sarana dan prasarana Pendidikan dan pembinaan latihan. Perlu diketahui sebelumnya, fungsi dari akademi militer yang pertama menyelenggarakan kegiatan Pendidikan untuk membentuk perwira TNI AD berkualifikasi Sarjana Terapan Diploma IV Pertahanan yang berkualitas dalam sikap, mental kepribadian, ilmu pengetahuan, dan keterampilan dasar keprajuritan dengan taktik dan teknik sesuai kecabangan masing-masing serta kondisi jasmani yang semapta guna mendukung pertempuran.

Budi_HarijantoKedua dengan menciptakan pengkajian dan pengembangan pertahanan insani, material, sistem dan metode serta pengabdian masyarakat tingkat institusi dan evaluasi pendidikan den evaluasi kurikulum terhadap penyelenggaraan pendidikan akademi militer. Tentunya dari hal tersebut yang perlu dicontoh oleh mahasiswa UB khususnya FILKOM bagaimana membentuk karakter kuat dalam dunia pendidikan, dengan sikap, mental, perilaku yang baik dan didukung oleh ilmu pengetahuan yang didapat dari proses pendidikan di kampus agar dapat bermanfaat bagi diri sendiri, perguruan tinggi dan masyarakat sekitar.

Afriyanto_NGLMasuk dalam materi kedua disampaikan oleh Ir. Afrianto Dulbahri, P.E., S.T. yang akan menyampaikan Penerapan Etika Profesi di PT. Badak NGL Bontang. PT Badak Natural Gas Liquefaction atau PT Badak NGL, adalah perusahaan pengolah gas alam cair (LNG, Liquid Natural Gas) terbesar di Indonesia dan salah satu kilang LNG yang terbesar di dunia. Perusahaan ini berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur. Afrianto kali ini menyampaikan bahwa dalam mengedepankan etika profesi harus didasarkan pada prinsip-prinsip etika yang mencangkup integritas moral, dalam hal ini diartikan kemampuan olah nurani yang mencakup antara lain kejujuran, ketulusan, serta memiliki komitmen.

“Integritas moral juga dapat diartikan kualitas kejujuran dan prinsip moral yang dilakukan secara konsisten sebagai bentuk profesionalitas” ujar Afrianto.

Audience_Etika_ProfesiKedua tanggung jawab, diartikan seseorang harus memiliki kesadaran akan kewajibannya dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Ketiga menjunjung nilai keadilan, adil disini dimaksudkan adil kepada siapapun yang berhak mendapatkan, dan yang terakhir otonomi yang diartikan seseorang harus memiliki sifat kemandirian, kebebasan akan tetapi tidak lupa akan tanggung jawabnya. Tujuan dari etika profesi sendiri membuat bertindak lebih professional saat bekerja dan menjaga kesejahteraan orang-orang yang tergabung dalam profesi tersebut. Implementasi etika profesi di PT. Badak NGL sendiri dengan menjunjung nilah AKHLAK yang dapat dijabarkan Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Terakhir Afrianto menambahkan dalam menjunjung etika di dunia kerja jangan lupa untuk selalu bersyukur, taat beribadah serta penuhi kegiatan secara positif.(drn)

 

 

 

Share