new_rangking_times_subject_computer_science_web
05:29

Hasil Pemeringkatan THE WUR 2021 Perkuat Reputasi Internasional FILKOM UB

Hasil pemeringkatan Perguruan Tinggi terbaik dalam bidang Computer Science versi The Higher Education World University Rankings 2021 (THE WUR 2021) semakin memperkuat reputasi internasional Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Dalam pemeringkatan tersebut, UB berada di posisi 801+ dari total 827 universitas di dunia yang memiliki subject Computer Science dan memenuhi kualifikasi pemeringkatan. Dari jumlah tersebut hanya lima perguruan tinggi di Indonesia yang memenuhi kualifikasi pemeringkatan, yaitu ITB, UI, ITS, Universitas Telkom dan UB.

Mengingat metode pemeringkatan THE WUR dinilai dari lima komponen, yaitu teaching, research, citations, international outlook dan industry income/innovation, maka penilaian dengan subject computer science untuk UB, tentunya tidak terlepas dari capaian pembelajaran, penelitian, sitasi dan inovasi yang dicapai oleh FILKOM. Hal ini dikarenakan FILKOM adalah fakultas utama di UB yang berfokus pada bidang computer science.

01_ranking_UB_thewur_2021Hal ini menjadi capaian berarti bagi FILKOM yang baru saja merayakan hari jadinya ke-9 pada 27 Oktober 2020 lalu. Meski menyandang predikat fakultas termuda, FILKOM tetap memberikan kontribusi terbaiknya seperti fakultas lain di UB yang sudah lebih dulu berdiri. Hal ini terbukti dari berbagai pencapaian FILKOM selama sembilan tahun terakhir, diantaranya pemenuhan sarana prasarana yang memadai untuk pembelajaran. Kemudian dari segi akademik kini telah ada dua program studi (prodi) di FILKOM yang telah terakreditasi A, yaitu Prodi Sistem Informasi (SI) dan Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI). Bahkan, Prodi SI FILKOM dipercaya sebagai salah satu dari 33 prodi di Indonesia yang menjadi Model Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan mendapat bantuan pendanaan dari Kemendikbud Dikti. Selain itu dari segi penelitian, pada tahun 2020 tercatat empat dosen FILKOM masuk daftar Top 500 Author Indonesia versi SINTA kategori 3 Years National Rank (2017-2019).

Meski demikian, segala pencapaian ini tidak membuat FILKOM berpuas diri. Sebaliknya menjadi pemicu untuk dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi di dunia pendidikan Indonesia, khususnya dalam mencetak sumber daya manusia yang berkompeten di bidang Teknologi Informasi (TI).

“Kami akan tetap berkomiten untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas selama masa pandemi ini. Berbagai mekanisme, perangkat pendukung dan bahan ajar online terus dikembangkan untuk menjamin mutu pembelajaran secara daring. Kami juga siap untuk menyelenggarakan blended learning yang mengkombinasikan pembelajaran luring dan daring jika kondisi terkait pandemi Covid-19 sudah memungkinkan,” ujar Dekan FILKOM Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D.. [dna]

 

 

 

 

Share