01_kunjungan_daring_fisip_ke_filkom
11:00

FISIP Lakukan Studi Banding Ke FILKOM Untuk Persiapan AL Daring Akreditasi Prodi Sosiologi

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (Prodi Sosiologi FISIP UB) melakukan kunjungan daring dengan aplikasi Zoom ke Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) pada Selasa (13/10/2020). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka studi banding untuk persiapan menghadapi Asesmen Lapangan (AL) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada Prodi Sosiologi minggu depan. Untuk diketahui FILKOM juga telah menjalani AL Daring pada pertengahan Agustus 2020 lalu untuk akreditasi Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) dan mendapat hasil Akreditasi A.

01_pemaparan_oleh_FajarPerwakilan FISIP yang ikut serta dalam kegiatan ini antara lain Siti Kholifah, S.Sos., M.Si., Ph.D. (Wakil Dekan I Bidang Akademik), Anif Fatma Chawa, S.Sos., M.Si., Ph.D. (Ketua Jurusan Sosiologi), Arief Budi Nugroho, S.Sos., M.SI. (Sekretaris Jurusan Sosiologi) dan beberapa dosen lainnya yang masuk dalam tim persiapan akreditasi. Sementara itu dari FILKOM diwakili oleh Eko Setiawan, S.T., M.T., Ph.D. (Ketua Gugus Jamin Mutu/GJM), Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. (Ketua Jurusan Sistem Informasi/JSI), Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom. (Sekretaris JSI), Fajar Pradana, S.ST., M.Eng. (Ketua UJM JSI) dan Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. (Ketua Prodi PTI).

02_Siti_Kholifah_pada_sesi_tanya_jawabBeberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut meliputi sharing mekanisme AL daring yang dijalani oleh FILKOM dan apa saja sarana prasarana serta dokumen yang perlu dipersiapkan. Diinformasikan bahwa dokumen dukung harus dipersiapkan dalam bentuk digital dan diunggah dan diorganisir sedemikian rupa sehingga mudah diakses oleh asesor. Kemudian yang perlu diingat juga bahwa antar anggota tim akreditasi harus dapat saling mengisi atau menguatkan klarifikasi dari anggota tim yang lain kepada asesor.

02_Arief_Budi_pada_sesi_tanya_jawab“Tidak perlu saling menunjuk. Jika merasa mengetahui tentang apa yang ditanyakan asesor bisa langsung menjawab atau menambahkan. Jadi setiap PIC borang harus paham betul dengan masing-masing yang dipegangnya,” jelas Fajar.

Selain itu tim akreditasi FILKOM juga berpesan bahwa sebaiknya simulasi sebelum pelaksanaan, untuk memeriksa kesiapan audio visual saat daring. Masalah yang sering timbul dalam AL daring dan bisa mengganggu mood asesor adalah suara yang tidak keluar atau suara gema. [dna]

 

 

 

 

Share