Tabel_Pemenang
14:12

FILKOM UB Raih 1 Emas dan 2 Perak Dalam Rektor Cup 2021

PKM Rektor Cup ini diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan baru khususnya tahun 2020. Seluruh proses dilakukan sejak pelaksanaan Startup Academy 2020 sebagai salah satu kegiatan pembinaan kemampuan mahasiswa baru di rangkaian krida mahasiswa, kemudian seluruh mahasiswa baru tersebut diwajibkan untuk membuat kelompok PKM yang tujuannya dilombakan secara internal atau di dalam FILKOM sendiri. Maksud dari lomba internal ini untuk menyaring PKM yang benar-benar baik dan dapat bersaing di universitas. Proses penyaringan internal dilaksanakan pada akhir masa startup academy 2020, di bulan November sampai Desember 2020.

Tim_Ratih_KartikaProses pembinaan di masa ospek ini dilakukan oleh panitia startup academy 2020 bekerja sama dengan K-risma selaku lembaga mahasiswa yang bergerak di bidang penelitian mahasiswa. Setelah dilombakan secara internal, bagi juara 1 sampai 3 di setiap kategori akan diarahkan lebih lanjut untuk mewakili FILKOM di ajang Rektor Cup 2021. Evaluasi proposal dari wakil FILKOM dilaksanakan pada hari Minggu dan Senin (24-25/1/2021), selanjutnya dilakukan juga sesi presentasi dan pemberian saran-saran terkait persiapan kontingen oleh dosen evaluator pada hari Selasa (26/1/2021) dan hari Kamis (28/1/2021) dilakukan cek akhir kelengkapan berkas untuk diupload dengan dibantu oleh fasilitator dari K-risma. Jumlah peserta dari FILKOM berjumlah 24 kelompok dari seluruh kategori. Setiap kelompok dibimbing oleh satu dosen pembimbing dan dua orang fasilitator dari K-risma. Kemudian dilakukan simulasi lomba oleh dosen evaluator, yang membantu mengevaluasi proposal dan presentasi dari setiap kelompok. Pada masa pelatihan presentasi dan sharing pengalaman dari anggota K-risma terkait pelaksanaan Rektor Cup tahun lalu yang bertujuan untuk semakin mempersiapkan kemampuan dan mental dari peserta yang akan bertanding pada tahun 2021 ini. Pada akhirnya pada hari Jumat (5/2/2021) kemarin dilakukan prosesi pelepasan kontingen Rektor Cup 2021 dari FILKOM UB yang dilakukan secara daring melalui Zoom.

FILKOM memperoleh hasil yang baik dalam Rektor Cup 2021 ini dengan memperoleh satu emas dan dua perak. Dimana emas diperoleh dari PKM GT dengan judul Virtual Reality Meeting Glasses, kemudian dua perak diperoleh dari PKM KC dengan judul Deteksi Tsunami Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Machine Learning, dan PKM PI dengan judul Sistem Pemasaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Penjualan PT Permata Bunda Mandiri. Tentunya dari hasil diatas menjadi motivasi untuk Rektor Cup tahun berikutnya dengan target yang lebih baik lagi.(drn)

Share