01_pengumuman_pemenang_di_malam_apresiasi
10:32

FILKOM UB Gelar Kompetisi Virtual Nasional untuk Dorong Mahasiswa Tetap Kreatif di Era Disruptif

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar kompetisi virtual tingkat nasional bertajuk “4C Virtuality National Competition” pada 11 – 26 Desember 2020. Denny Sagita Rusdianto, S.Kom., M.Kom. selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa penyelenggaraan kompetisi ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa di tanah air untuk bisa tetap kritis dan kreatif dalam masa pandemi.

01_presentasi_peserta_di_babak_finalTerdapat lima bidang kompetisi yang diperlombakan, yaitu video musik kolaborasi, video pendek kreatif, bisnis model, video infografis dan ux challenges. Terdapat 138 tim dari berbagai universitas di Indonesia yang tercatat mendaftar, antara lain UB, UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Sumatera Utara, ITS, ITKES Wiyata Husada Samarinda, Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Semarang, PENS Surabaya, Universitas Pamulang, UIN Alauddin dan lain sebagainya. Dari seluruh jumlah pendaftar, 113 tim yang melakukan unggah karya dan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Jumlah tersebut terdiri atas 52 tim pada bisnis model, 26 tim pada ux challenges, delapan tim pada video infografis, lima tim pada video music kolaborasi dan 22 tim pada video pendek kreatif.

01_sesi_presentasi_babak_finalPada babak penyisihan dipilih 10 tim dengan karya terbaik untuk bidang video pendek kreatif, ux challenges dan bisnis model. Sementara untuk bidang video infografis dipilih tujuh tim terbaik dan di bidang video musik kolaborasi dipilih lima tim terbaik untuk masuk ke babak final. Pada babak final peserta diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan karyanya didepan juri dan 5 menit untuk sesi tanya jawab. Juri yang dihadirkan adalah akademisi dan praktisi yang kompeten di bidangnya, antara lain Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. (FILKOM), Barlian Henryranu Prasetio, S.T., M.T., Ph.D (FILKOM), Wibisono Sukmo Wardhono, ST., MT (FILKOM), Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB (FILKOM), Amalia Permata Risky (UB TV), Annas Dwy Satrio (Purwacaraka), Antonius Budi Prasetyo (Fantasyndrome Studio), M. Ziaelfikar Albaba (Founder & Manager Indiekraf) dan Fariz Rizky Wijaya (R&D Stasion).

Dari seleksi babak final dipilih tiga tim terbaik sebagai juara 1, 2 dan 3 serta diumumkan di acara malam apresiasi penutupan dies natalis FILKOM ke-9 (26/12/2020). Para juara berhak atas hadiah uang tunai, piala dan sertifikat. [dna]

Berikut adalah daftar Juara 4C Virtuality National Competition

Kategori

Juara

Video Musik Kolaborasi

  1. NOSG (Universitas Brawijaya)
  2. SOIB (Universitas Brawijaya)
  3. KRDE Band (Universitas Muhammadiyah Semarang

Video Pendek Kreatif

  1. Kumala (ITKES Wiyata Husada Samarinda)
  2. Jiilan (Universitas Brawijaya)
  3. Karsa Project (Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret)

Video Infografis

  1. Kelompok 8 (universitas Brawijaya)
  2. Ins Effect (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  3. Sokhap Team (Universitas Brawijaya)

UX Challenges

  1. FourSi (Universitas Brawijaya)
  2. Modem (Universitas Sumatera Utara)
  3. DOI-Ku (Universitas Brawijaya)

Bisnis Model

  1. Adroit (Universitas Brawijaya)
  2. GabutParah (UIN Maulana Malik Ibrahim)
  3. RAR-D (Universitas Brawijaya)

 

 

 

 

Share