01_Dr_Motaz_Sabri
16:23

FILKOM Tech Update #1: Riset Deep Learning

FILKOM Tech Update #1 yang membahas tentang Riset Deep Learning telah diadakan pada 17 Oktober 2020 lalu. FILKOM Tech Update #1 yang dilaksanakan secara daring ini menjadi pembuka webinar series yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis FILKOM UB ke-9. Webinar Series ini diagendakan dilakukan sebanyak delapan kali, dimulai tanggal 17 Oktober 2020 hingga Awal Desember 2020. Pada setiap webinar akan ada dua narasumber yang berbagi update pengetahuan seputar Information Technology (IT). Narasumber terdiri atas dosen FILKOM dan akademisi atau praktisi yang kompeten di bidangnya.

Pada FILKOM Tech Update #1 narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Motaz Sabri dari Hiroshima University dan Dr. Eng Novanto Yudistira dari FILKOM. Acara dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan akademisi dari internal dan eksternal FILKOM. Pada kesempatan tersebut Dr. Motaz menyampaikan beberapa materi tentang definisi deep learning, mengapa harus mempelajarinya dan bagaimana tips untuk mulai mendalami deep learning. Selain itu beliau juga menyampaikan contoh kasus tentang penggunaan deep learning baik untuk level learner maupun passionate people. Beberapa contoh kasus tersebut antara lain sistem prediksi harga property, deteksi anomaly, Multi path network: person RFID, penghapusan bayangan pada citra digital, deteksi usia dan deteksi emosi.

02_DrEng_Novanto_YudistiraSementara itu, Dr. Eng Novanto pada sesi kedua pemaparan materi menyampaikan tentang sejarah dan perkembangan riset deep learning dan juga teknologi terkini untuk deep learning yang berupa libraries meliputi TensorFlow dan PyTorch. Dr.Eng Novanto juga memberikan beberapa contoh kasus yang dapat diselesaikan dengan deep learning, meliputi berkendara mobil secara otomatis (mesin sebagai komponen yang memegang kendali, bukan manusia), artificial Intelligence (AI) dalam politik dan kebijakan publik, AI dalam pengolahan citra digital data pasien, rekonstruksi citra dan rekonstruksi video.

Untuk informasi, webinar kedua dalam rangkaian ini akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2020. Adapun topik yang akan dibahas mengenai AI dan Mixed methods in IS research. Narasumber yang hadir adalah Prof. Kohei Arai dari Saga University dan Diah Priharsari, Ph.D dari FILKOM UB. informasi pendaftaran untuk mengikuti kegiatan webinar series kedua ini dapat diakses di tautan berikut https://filkom.ub.ac.id/page/read/pengumuman/filkom-tech-talks-2/8168176. [dna]

 

 

Share