01_Prof_Sawada
15:50

FILKOM Tech Talks #4: SMA Applications to Sensors and Actuator & Virtual Tourism using Virtual Reality

Webinar series yang diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian acara peringatan Dies Natalis FILKOM ke-9, telah mencapai yang keempat. FILKOM Tech Talks #4 diselenggarakan secara daring pada 6 November 2020 lalu dengan narasumber Prof. Hideyuki Sawada  dari Waseda University, Jepang dan Dr.Eng. Herman Tolle, ST., MT. dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Webinar diikuti oleh sekitar 140 peserta yang terdiri atas akademisi dan mahasiswa dari dalam dan luar FILKOM.

Pada sesi pertama Prof. Sawada menyampaikan tentang hasil penelitiannya yang berjudul “New physical properties of a shape-memory alloy and their applications to sensors and actuator”. Beliau membahas tentang bagaimana sifat fisik logam campuran atau yang disebut shape-memory alloy (SMA) dapat diaplikasikan pada sensor dan aktuator. Beliau menjelaskan bahwa sebuah logam campuran mempunyai sifat bisa kembali ke bentuk semula. Pembahasannya mencakup pengertian SMA dan karakteristik yang dimilikinya, micro vibration actuator yang dibuat dengan SMA dan micro-force sensor.        

“Shape-memory alloy is an alloy that remembers its original shape,” jelas Prof. Sawada.

02_Dr_Eng_Herman_TolleSementara itu Herman Tolle pada sesi kedua menyampaikan materi tentang “Virtual Tourism using Virtual Reality in Covid-19 Pandemic Era”. Beliau membahas tentang bagaimana teknologi virtual reality dapat dioptimalkan pemanfaatannya untuk virtual tourism di masa pandemi covid-19. Pemaparannya meliputi informasi data statistik kunjungan turis mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019 – 2020, pengertian augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), karakteristik VR dan AR dan contoh teknologi yang memanfaatkan AR dan VR.

Sebagai informasi, webinar kelima dalam rangkaian ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 November 2020. Adapun topik yang akan dibahas mengenai Software Engineering Research Trends dan Software Modeling in Agile Environments. Narasumber yang dihadirkan adalah Romi Satrio Wahono, M.Eng., Ph.D. selaku Founder & CEO IlmuKomputerCom & Brainmatics dan Tri Astoto Kurniawan, Ph.D. dari FILKOM UB. Informasi pendaftaran untuk mengikuti kegiatan webinar series kelima ini dapat diakses di tautan berikut https://filkom.ub.ac.id/page/read/pengumuman/filkom-tech-talks-5/53c1a8b. [dna]

 

 

 

Share