01_pelatihan_pemrograman_robot
12:50

Dosen FILKOM UB Berikan Pelatihan Online Perancangan Algoritma bagi Siswa SMK

Tim dosen mengabdi FILKOM UB mengadakan Pelatihan Perancangan Algoritma Menggunakan Modul Robotika secara daring pada Sabtu (19/9/2020). Acara ini diikuti oleh sekitar 36 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), antara lain dari SMK TELKOM Malang, SMKN 1 Pungging, SMKN 26 Jakarta, SMKN 4 Malang, SMKN 1 Batam, SMK Ma’arif Batu, SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, SMKN 1 Kepanjen dan SMKN 1 Cibinong. Adapun tim dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Wijaya Kurniawan, S.T., M.T. sebagai ketua tim pengabdian, Rizal Maulana, S.T., M.T., M.Sc., Agung Setia Budi, S.T., M.T., Ph.D., Mochammad Hannats Hanafi Ichsan, S.ST., M.T. dan Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom.

01_sesi_materi_1%282%29Acara dibagi dalam beberapa sesi kegiatan, yaitu pre-test dan post-test serta dua sesi materi. Disela-sela sesi utama tersebut diadakan pula sesi tanya jawab dan games agar peserta tidak bosan dan bisa tetap fokus. Materi pertama tentang robot secara umum dan bagian-bagian adri robot Lego EV3 Mindstorms disampaikan oleh Rizal Maulana. Sementara itu materi kedua tentang pemrograman robot Lego disampaikan oleh salah satu mahasiswa FILKOM Rahmat Yusuf.

01_sesi_materi_2_pelatihan_pemrograman_robotDalam penjelasannya Rizal Maulana atau yang akrab dipanggil Lana menyampaikan bahwa robot adalah teknologi yang dapat memperoleh informasi dari lingkungan, dapat diprogram dan melaksanakan tugas, bekerja secara otomatis, cerdas, biasanya digunakan di industri dan dapat membantu manusia. Untuk mendalami tentang robot, maka beberapa pengetahuan yang harus dimiliki antara lain pemodelan dan analisis (matematika), sistem kendali/controller, rangkaian elektronika, mekanik, hardware/computer interfacing dan pemrograman komputer. Dalam sesi tersebut Lana juga menjelaskan bahwa Lego EV3 memiliki tujuh komponen utama, meliputi large motor, medium motor, EV3 Brick, remote infrared beacon, touch sensor, color sensor dan infrared sensor. Ketujuh komponen tersebut diperkenalkan satu per satu agar peserta memiliki gambaran dan lebih memahami tentang Robot Lego EV3. Sementara itu pada sesi kedua Rahmat Yusuf mempraktekkan cacra melakukan pemrograman robot Lego agar dapat bergerak sebagai kendaraan otomatis. [dna]

 

 

 

Share