materi_Dahnial_Syauqy
09:26

Briefing Kegiatan MBKM antara Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan STMIK Pradnya Paramita (STIMATA)

materi_Issa_ArwaniFakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya melaksanakan kegiatan briefing kegiatan yang berhubungan dengan Merdeka Belajar (MBKM) atau Kampus Merdeka yang dihadiri oleh Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan STMIK Pradnya Paramita (STIMATA) pada hari Jum'at (19/2/2021). Briefing ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Adapun materi yang disampaiakan disini menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan Kampus Merdeka yang akan dilaksanakan di FILKOM UB. Kebijakan MBKM yang berhubungan dengan kurikulum adalah hak mahasiswa untuk 3 semester kuliah di luar prodi dengan rincian 1 semester dalam lingkup perguruan tinggi dan 2 semester di luar perguruan tinggi. Kebijakan ini mengacu pada Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada  pasal 18 Permendikbud tersebut menyebutkan bahwa Perguruan Tinggi wajib memfasilitasi pelaksanaan pemenuhan masa dan beban dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini FILKOM UB juga menyambut baik bagi mahasiswa di luar Universitas Brawijaya yang akan mengambil mata kuliah di FILKOM. Kegiatan briefing ini juga dihadiri oleh sebagian mahasiswa dan perwakilan dari ITK dan STIMATA.

Faizatul_amaliaIssa Arwani, S.Kom., M.Sc. selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi menyampaikan pada saat briefing tujuan diadakannya acara ini agar mahasiswa di luar FILKOM atau di luar UB dapat lebih mengenal hal teknis pelaksanaan proses akademik dan perkuliahan, serta dapat mengenal dosen-dosen yang mengajar serta yang bertugas untuk membimbing/dosen pengampunya. Kedua, Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc. selaku ketua PSIK FILKOM menyampaikan terkait hal teknis dalam pelaksanaan pembelajaran di FILKOM. Mahasiswa dihimbau agar join pada platform yang telah disediakan yaitu eling.ub.ac.id. Semua pembelajaran mulai dari mata kuliah, materi perkuliahan dan arahan-arahan dari dosen disampaikan disana. Selanjutnya Dahnial juga mengajarkan proses enrolment di dalam eling dan menjelaskan menu atau fitur yang ada di dalamnya. Dahnial juga menghimbau bagi mahasiswa yang terkendala login dapat menghubungi bagian PSIK FILKOM atau ke staf Jurusan terkait. Selain materi yang disampaikan di atas FILKOM juga mengenalkan sebagian dosen yang hadir pada acara tersebut. Semoga dengan hadirnya kebijakan MBKM ini dapat saling mengenalkan universitas dan institusi yang saling terkait dan mempererat kerjasama diantaranya.(drn)

 

 

 

 

Share