v_fdj_dh_ddh
09:39

Audiensi Pendampingan dan Pencegahan Mahasiswa Terprediksi Terkena Evaluasi Akademik Jurusan Sistem Informasi Tahun Ajaran 2020/2021

Fakultas Ilmu Komputer UB, khususnya jurusan Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan Audiensi untuk Orang Tua Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi tahun ajaran 2020/2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (10/4/2021) secara daring melalui Zoom yang dipandu oleh Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom sebagai moderator. Adapun yang menghadiri kegiatan ini mulai dari Ketua Jurusan SI, Sekretaris Jurusan SI, Seluruh Ketua Prodi yang bernaung dalam jurusan SI dan orang tua mahasiswa sebagai audience. Materi yang akan disampaikan dalam kegiatan audiensi ini menjelaskan Sistem Akademik SIAM dan penjelasan tentang Bimbingan Konseling di FILKOM.

bfgrg_sggSambutan diawali oleh Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. menyampaikan tujuan dari kegiatan ini mengetahui strategi bagi mahasiswa menempuh pendidikan kuliah khususnya di jurusan SI agar mendapat progress yang baik menghidari mahasiswa tersebut terkena evaluasi akademik. Evaluasi akademik ini diperoleh dari bagian Akademik Univeristas yang melaporkan data perkembangan study mahasiswa selama satu tahun. Maka dari hal tersebut jurusan SI berencana menyiasati untuk memberikan pendampingan dan pemantauan bagi mahasiswa jurusan SI tahun ajaran 2020/2021. Issa juga menyampaikan standar normal kelulusan bagi mahasiswa sarjana adalah menyelesaikan 144 SKS yang ditempuh dalam perkuliahan selama 7 atau 8 semester dengan IPK sebaiknya lebih dari 3.00. Evaluasi Akademik akan diterapkan jika mahasiswa memperoleh IPK dibawah 2.00 dalam setiap semesternya. Jika dalam satu tahun mahasiswa tersebut tidak ada perkembangan maka jurusan akan memutuskan drop out atau mengusulkan pengunduran diri, tentunya hal tersebut sangat tidak diinginkan oleh pihak fakultas atau mahasiswa itu sendiri.

f__s_f__a_adaMasuk dalam materi pertama yaitu Sistem Akademik SIAM UB yang dikhususkan untuk akses orang tua mahasiswa yang disampaikan oleh Satrio Agung Wicaksono, S.Kom.,M.Kom., beliau adalah Sekretaris Jurusan SI. Layanan SIAM bagi orang tua mahasiswa terbagi menjadi dua layanan utama yaitu layanan akademik dan keuangan. Dalam layanan akademik, orang tua dapat memantau hasil study dari putra putrinya, mulai dari jadwa kuliah, presensi, dan nilai akhir. Kedua dalam layanan keuangan, para orang tua mahasiswa dapat cek riwayat pembayaran UKT yang sudah atau belum dibayarkan oleh mahasiswa.  SIAM data diakses melalui 2 platform, yang pertama berbasis web dan yang kedua berbasis mobile. Untuk web dapat diakses melalui siam.ub.ac.id, dan untuk mobile dapat di download playstore/Appstore. Perlu diketahui lebih lanjut, SIAM orang tua mahasiswa hanya untuk pelaporan kepada orang tua/wali mahasiswa, bukan untuk sarana komunikasi, karena ada media komunikasi yang lebih efektif yaitu di WA grup yang akan disediakan oleh jurusan SI.

cjicbsivbhvPaparan kedua mengenai Bimbingan Konseling di FILKOM yang disampaikan oleh Wiwin Lukitohadi, S.H., S.Psi., CHRM., MM.  menyampaikan dalam perkembangan jaman saat ini tentunya menjadi perbedaan dalam kehidupan sehari-hari jaman dulu dengan sekarang. Banyak fasilitas-fasilitas yang dikembangkan dan diberikan kepada mahasiswa dalam era milenial ini sehingga mahasiswa terasa rapuh dan mudah menyerah, oleh karena itu kampus memberikan pelayanan berupa bimbingan konseling untuk dapat menjadi wadah dalam merangkul mahasiswa. Tidak lupa perlunya kerjasama dan komunikasi yang baik serta proaktif dari pihak kampus dengan orang tua mahasiswa dalam proses study putra putrinya. Mahasiswa juga dihimbau untuk membuka diri kepada orang tua dalam segala hal, karena masalah yang dipendam diri sendiri akan merambat ke proses study. Selain kepada orang tua, mahasiswa juga dapat menyalurkan keluh kesahnya pada bagian konseling yang ada di fakultas karena bagian konseling akan memberikan solusi dan pendapat untuk berbagi agar tidak muncul penyesalan di akhir dan semoga mahasiswa dapat sukses dalam pendidikannya.(drn)

 

 

 

Share