Audiensi_Daring_Prodi_SI_Dengan_Orang_Tua_Mahasiswa_Kritis_Angkatan_2014_dan_SAP_Angkatan_2017
14:29

Audiensi Daring Prodi SI Dengan Orang Tua Mahasiswa Kritis Angkatan 2014 dan Program SAP Angkatan 2017

Fakultas Ilmu Komputer UB, khususnya Program Studi Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan Audiensi untuk Orang Tua Mahasiswa Kritis Prodi Sistem Informasi Angkatan 2014 dan Program SAP Angkatan 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (1/5/2021) secara daring melalui Zoom yang dipandu oleh Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.S., M.AB. selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi. Adapun yang menghadiri kegiatan ini mulai dari Ketua Jurusan SI, tenaga kependidikan prodi dan 27 orang tua mahasiswa sebagai audience

Yusi_Pemateri_AudiensiKegiatan dibuka oleh sambutan dari Ketua Jurusan Sistem Informasi yaitu Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. Issa menjelaskan, banyak hal yang akan disampaikan dalam kegiatan audiensi ini, terkait laporan akademik yang secara khusus akan berkaitan erat dengan status skripsi dari mahasiswa kritis. Informasi masalah administrasi juga dilaporkan oleh jurusan dan fakultas karena akan diminta akademik universitas untuk melaporkan mahasiswa aktif Angkatan 2014 yang belum menyelesaikan studinya. Dari total jumlah 267 mahasiswa yang diterima oleh program studi Sistem Informasi pada tahun 2014, sejumlah 27 mahasiswa yang masih belum menyelesaikan dan memiliki kendala di studinya. Maka dari hal tersebut para mahasiswa kritis membutuhkan perhatian khusus untuk segera menyelesaikan studi di bulan Juli 2021.

Kendala terbesar dalam mengerjakan skripsi dan tugas akhir adalah komunikasi. Jurusan dan prodi selalu mengingatkan kepada mahasiswa kritis untuk segera menyelesaikan skripsi tetapi dengan kondisi pandemi saat ini mengalami kesulitan karena kurangnya controlling kepada mahsiswa yang lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Perlu diketahui, 138 sks harus terselesaikan (menyelesaikan mata kuliah dan magang) dan skripsi sendiri berjumlah 6 sks. Tidak boleh terdapat nilai E, dan boleh ada nilai D Masa_Pinjam_Bukujumlahnya hanya 10% dari sks yang diambil. Sebaiknya jika ada nilai D mahasiswa harus segera mengulang agar lebih aman. Jika tidak dalam masa pandemi tentunya fakultas akan segera melaksanakan program pengulangan mata kuliah sebagai toleransi memperbaiki nilai seperti contoh mengerjakan ujian di lab seharian penuh akan tetapi dalam masa pandemi  saat ini tentu menjadi hal yang sulit. Maka dari itu issa memohon bantuan dari orang tua para mahasiswa kritis karena saat ini yang dekat dengan masing-masing mahasiswa dirumah hanya orang tuanya.

Masuk dalam penjelasan yang disampaikan Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.S., M.AB.  kegiatan ini dibuka untuk mahasiswa program studi Sistem Informasi angkatan 2014 dan program SAP Angkatan 2017 dimana dalam semester ini merupakan sebagai tahun terakhir agar mahasiswa segera lulus. Fakultas melalui program studi akan memberikan suatu media dengan membuka grup whatsapp atau crisis center sebagai konsultasi orang tua ke fakultas jika ada kesulitan dan pelaporan dalam perkembangan studi putra putrinya. Harapannya agar skripsi atau tugas akhir dapat segera selesai di semester terakhir sehingga mahasiswa tidak menerima konsekuensi drop out (DO). Yusi Orang_tua_audiencejuga sangat mengharapkan kerjasama dengan orang tua mahasiswa dirumah agar ikut memberikan semangat dan kontrol mengenai perkembangan tugas akhir putra putrinya agar segera lulus dan berhak mendapatkan gelar sarjana. Grup whatsapp sebagai krisis center akan berisi orang tua mahasiswa, mahasiswa, prodi dan dosen pembimbing untuk saling berkonsolidasi bersama agar target lulus di bulan Juli 2021 tercapai dan berjalan dengan baik.

Bagi mahasiswa yang membutuhkan literatur dari buku dipersilahkan untuk ke ruang baca yang ada di FILKOM karena buka setiap hari kerja, jika kesulitan karena pandemi mahasiswa dituntut untuk aktif mencari jurnal online atau ebook yang ada di internet karena dirasa lebih mudah. Kegiatan ini juga memfasilitasi bagi orang tua mahasiswa untuk bertanya dan menyampaikan kesulitan mengenai permasalahan yang dihadapi putra putrinya dalam mengerjakan skripsi. Semoga tujuan untuk meluluskan 27 mahasiswa di bulan juli 2021 ini tercapai dengan adanya kerjasama, dan perhatian khusus bagi mahasiswa kritis dari fakultas dan orang tua.(drn)

Share