JSI_bekerjasama_dengan_UKM
10:40

JSI FILKOM UB Membuka Kerjasama dengan Industri Kreatif dan UKM Malang untuk PKL Daring

Dalam situasi pandemi Covid-19, menjadi cukup sulit bagi beberapa perusahaan lokal tanah air untuk bisa terus bertahan. Tidak sedikit perusahaan yang terpaksa merumahkan pekerjanya atau bahkan memutuskan untuk tutup dan tidak beroperasi lagi. Untuk membantu memberikan solusi atas permasalahan ini maka Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (JSI FILKOM UB) melakukan inisiatif kerjasama dengan industri kreatif dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang. Kerjasama dilakukan dalam bentuk pemberian akses bebas biaya untuk memasang lowongan kebutuhan tenaga PKL daring bagi mahasiswa UB di portal daring JSI FILKOM UB (https://jsi-daring.ub.ac.id/).

Disampaikan oleh Dr. Eng Herman Tolle, S.T., M.T. selaku Ketua JSI FILKOM UB bahwa kegiatan kerjasama ini awalnya merupakan tindaklanjut dari diskusi Ketua JSI FILKOM UB dengan Wakil Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR) dan Dinas Perindustrian Kota Malang, pada 18 April 2020 lalu di Radio Malang City Guide (artikel terkait dapat diakses disini). Adanya mahasiswa PKL daring yang direkrut oleh UKM atau industri kreatif dapat membantu efisiensi pemenuhan kebutuhan perusahaan akan keterampilan yang berhubungan dengan Teknologi Informasi (TI) maupun pemasaran. Sementara itu dari pihak universitas juga diuntungkan karena adanya permintaan tenaga PKL daring dari industri ktreatif dan UKM dapat membantu mahasiswa yang kesulitan mendapatkan tempat magang yang memberlakukan sistem daring.

Bagi industri kreatif maupun UKM yang membutuhkan bantuan tenga mahasiswa dan berminat untuk membuka lowongan PKL daring bisa langsung mengisi formulir secara daring melalui https://bit.ly/JSIUB-daftarPKL. Jenis pekerjaan yang bisa ditawarkan antara lain pengembangan aplikasi (mobile/web), perancangan UI/UX, manajemen dan analisis data, digital marketing dan content creator. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 20 perusahaan yang meng-input kebutuhan mahasiswa PKL di portal daring JSI FILKOM UB, antara lain Emilia Cake & Cookies, PT. Inlingua International Indonesia, inc.buss, cantuka kreatif, profile image studio dan masih banyak yang lainnya dapat dilihat di https://jsi-daring.ub.ac.id/lowongan/. Didalamnya juga terdapat beberapa lowongan PKL dari internal JSI FILKOM UB. Sementara itu bagi mahasiswa FILKOM UB yang kelompoknya belum mendapat tempat PKL Daring JSI juga bisa mendaftarkan kelompoknya untuk dibantu mencari tempat PKL dengan mengisi form pengajuan di https://bit.ly/JSI-kelompokPKL.

“Untuk lowongan internal diperuntukkan khusus bagi mahasiswa JSI. Tapi untu lowongan dari perusahaan eksternal bisa untuk seluruh mahasiswa FILKOM baik JSI maupun Jurusan Teknik Informatika,” jelas Herman. [dna]

 

 

 

 

Share