Sejarah

Sejarah

Keilmuan Teknik Komputer sebelumnya merupakan bagian dari keilmuan Teknik Elektro dan telah berkembang menjadi bidang keilmuan tersendiri sesuai dengan yang telah dideskripsikan pada Computing Curricula ACM 2016. Menurut Computing Curricula, saat ini bidang keilmuan Komputer telah berkembang menjadi bidang ilmu spesifik yang terdiri dari Ilmu Komputer/Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Rekayasa/Teknik Perangkat Lunak.

 

Computing_Curricula_2016

 

Keilmuan Teknik Komputer memiliki irisan dengan bidang ilmu Teknik Elektro dan Ilmu Komputer/Teknik Informatika namun memiliki fokus pada bidang Sistem Komputasi Modern, Perangkat Kontrol Komputer, dan Jaringan Perangkat Cerdas. Secara umum, Keilmuan Teknik Komputer dipandang sebagai bidang keilmuan desain komputer. Tidak hanya sebatas itu, Teknik Komputer juga mendorong dan memajukan kemampuan komputer dan mikro elektronik saat ini di berbagai bidang.

 

logo_tekkom

 

Program Studi S1 Teknik Komputer Universitas Brawijaya berdiri pada tahun 2011 sebagai keminatan pada Program Studi Teknik Informatika dengan melihat perkembangan keilmuan yang terdapat pada Computing Curricula di ACM dan Kebutuhan lulusan akan bidang keilmuan Teknik Komputer. Secara resmi Program Studi S1 Teknik Komputer berdiri pada tahun 2016 dengan SK No. 63 / KPT / I / 2016 dan saat ini telah terakreditasi B dengan SK 1499/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017. Saat ini Prodi S1 TKOM dibawah pengelolaan Jurusan Teknik Informatika dan Fakultas Ilmu Komputer

 

Terkait dengan berdirinya Program Studi S1 Teknik Komputer Universitas Brawijaya pada tahun 2011 sebagai salah satu keminatan di Program Studi Teknik Informatika, namun secara resmi diakui berdiri secara independen pada tahun 2016, maka terdapat beberapa penyesuaian khususnya untuk angkatan 2011 sampai dengan 2013. Dimulai dari angkatan 2011 sampai dengan 2013, secara resmi mahasiswa tersebut terdaftar di Pangkalan data DIKTI sebagai mahasiswa Program Studi S1 Teknik Informatika keminatan Teknik Komputer yang telah resmi berdiri sebelumnya. Sehingga, status dan gelar kelulusan mahasiswa angkatan tersebut adalah sebagai Sarjana Komputer (S.Kom). Namun pada tahun 2016, sejak angkatan 2014 dilakukan kebijakan transfer status kemahasiswaan menjadi Program Studi S1 Teknik Komputer seutuhnya sehingga status dan gelar kelulusan mahasiswa angkatan tersebut adalah sebagai Sarjana Teknik (S.T).

 

Sejarah Ketua Program Studi S1 Teknik Komputer :

  1. Himawat Aryadita, S.T., M.Sc (2011-2012)

  2. Adharul Muttaqin, S.T., M.T. (2012-2016)

  3. Sabriansyah R.A, S.T., M.Eng (2016-2018)

  4. Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc (2018-sekarang) sebagai Pejabat Antar Waktu

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo