Prospek Karir

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Teknik Informatika memiliki prospek karir yang menjanjikan dalam mengarungi persaingan di dunia kerja. Hal ini dikarenakan dalam penyusunan kurikulum di Program Studi Teknik Informatika telah menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Oleh karena itu, Program Studi teknik Informatika berkolaborasi dengan beberapa pihak industri untuk memetakan kebutuhan kemampuan sesuai dengan dunia kerja melalui topik terkini pada perkuliahannya. Berikut ini prospek karir yang dapat Anda pilih dan pertimbangkan selanjutnya:

Profil Capaian Pembelajaran
ENTERPRENEUR Mampu menganalisis dan merancang model/ rencana bisnis peluang karir kewirausahaan di bidang Teknologi Informasi dan mewujudkannya dalam perusahaan skala kecil (startup company) dengan konsep strategi pemasaran yang tepat.
RESEARCHER Memiliki kemampuan menemukan dan merumuskan permasalahan, membuat hipotesis yang benar, menelusuri landasan kepustakaan yang sesuai, memilih metode yang tepat, merancang, mengimplementasikan dan menganalisis hasil uji coba dengan benar, yang semuanya diwujudkan dalam penyajian karya tulis ilmiah.
IT PROJECT MANAGER Menguasai konsep metodologi dan mampu merancang pembangunan projek IT berdasarkan parameter tujuan, sumberdaya, biaya, jadwal dan kualitas sebuah projek dengan menerapkan metode berbasis riset operasi untuk mengoptimalkan resource yang ada melalui pendekatan algoritma evolusi serta mampu mengkomunikasikan hasil rancangannya ke stakeholder dan anggota tim projek dalam pelaporan tertulis ataupun presentasi.
IT CONSULTANT Mampu memberikan solusi yang optimal dari hasil evaluasi pada existing sistem menggunakan manual prosedur/algoritma dan Teknologi Informasi yang tepat serta bisa diuji secara terukur.
SOFTWARE SPECIALIST Mampu memahami dan menerapkan management perangkat lunak yang mencakup (1)melakukan analisis kebutuhan dan menterjemahkannya ke dalam spesifikasi kebutuhan yang dapat divalidasi dan diferifikasi, (2)menerapkan pola-pola perancangan, (3)merancang perangkat lunak dengan pendekatan object oriented dan terstruktur, (4)menterjemahkan rancangan ke dalam perangkat lunak, (5)mengevaluasi dan melakukan pengujian perangkat lunak (software test) dengan menggunakan pendekatan yang tepat, serta (6)membuat dokumentasi yang lengkap mulia dari fase kebutuhan hingga fase maintenance.
SOFTWARE DEVELOPER Mampu memahami konsep pemrograman baik terstruktur maupun object oriented dan mampu menerapkannya bersama-sama dengan konsep struktur data dalam menyelesaikan permasalahan di dunia nyata, baik berbasis web maupun desktop. Mampu memahami dan menerapkan teori basis data yang meliputi konsep dasar basis data, Database Management System, konsep perancangan basis data relasional, normalisasi data, pemrograman SQL, konsep pengembangan aplikasi basis data hingga sampai pada pemeliharaan basis data, konsep keamanan basis data, transaksi data, dan konkurensi data.
INTELLIGENT SYSTEM SPECIALIST Mampu merancang dan mengimplementasikan aplikasi atau program untuk proses identifikasi obyek pada citra statis dan bergerak atau interpretasi citra yang melibatkan teknik kecerdasan buatan melalui algoritma pencarian , pengenalan pola, image processing, imager acquisition, atau algoritma komputer vision lainnya. Mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan metode untuk permasalahan deterministic dan probabilistic seperti transportation problem, routing problem, resource allocation problem, game's theory, dan inventory system menggunakan linear programming, decision tree, dan algoritma heuristis. Mampu memahami state-of-the-art pada beberapa algoritma dari machine learning termasuk neural network, information retrievel, Natural Language Processing, kernel methods, dimensionality reduction, ensemble methods, graph algorithms, uncertainty, data mining, optimization dan mampu mengimplementasikan algoritma tersebut untuk pengolahan data besar menjadi actionable insights.
NETWORK SPECIALIST Mampu memahami konsep atau state of the art jaringan komputer dan menuangkan konsep tersebut dalam 1) Perancangan jaringan wired dan wireless, 2)Implementasi hasil rancangan, 3) evaluasi dan analisis jaringan menggunakan algoritma kecerdasan buatan, 4) manajemen dan monitoring jaringan. Mampu memahami konsep atau state of the art jaringan komputer guna keperluan administrasi yang meliputi: konfigurasi, mengelolah, pemeliharaan, monitoring dan troubleshooting terhadap perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer.
COMPUTER SECURITY SPECIALIST Mampu memahami aspek dalam keamanan sistem yaitu availability, integrity, authentication, confidentiality, dan non-repudation untuk 1) Membuat, merumuskan, menerapkan mekanisme yang ada dalam aspek keamanan sistem, 2) Menerapkan metode dalam inteligent sistem untuk identifikasi serangan, 3) Memantau langkah-langkah keamanan dalam mengamankan asset informasi 4) Melakukan perbaikan sistem dengan menilai atau mengukur sistem saat ini(audit), melakukan evaluasi, analisis.
BIG DATA SPECIALIST Mampu memahami konsep big-data guna 1). Merancang, mengembangkan dan membangun infrastruktur big data yang meliputi data ingestions, stream processing, data warehouse, data pipelines, visualization, analytics dan applications. 2) Mampu melakukan, troubleshooting, diagnose permasalahan, performance benchmark, load balance, analissis kode dan dapat memastikan skalabilitas, ketersediaan dan kehandalan arsitektur dan platform big data untuk memenuhi kualitas layanan
GAME SPECIALIST Mampu memahami dan menerapkan metode-metode dalam pengembangan game yang mencakup (1) Rancangan dan desain game, (2) Pemrograman game dengan menggunakan konsep Object Oriented, Komputer Grafis, dan Kecerdasan Buatan, dan (3) Pengujian game
MOBILE APPLICATION SPECIALIST Memahami dan menguasai konsep pengembangan aplikasi perangkat bergerak pada platform tertentu meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan, desain antarmuka, desain pengalaman pengguna, desain interaksi pengguna dan implementasi. Serta mampu menggunakan teknik dan perangkat pemrograman dalam pengembangan web.

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo