Pendaftaran Kelas Reguler 1

Pendaftaran Kelas Reguler 1

Contact Person:

Andito Aryo D.P, S.Psi

+62 822-5768-5412

anditoaryodp@ub.ac.id

Untuk dapat diterima menjadi mahasiswa Kelas Reguler pada Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1.

Warga Negara Indonesia.

2.

Telah lulus program sarjana dengan berbagai latar belakang keilmuan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dan memiliki Indeks Prestasi (IPK) minimal 2,75 untuk skala 4 yang dibuktikan dengan Ijazah, Transkrip, dan Profil mahasiswa pada situs forlap dikti (https://pddikti.kemdikbud.go.id/).

3.

Memiliki sertifikat ITP-TOEFL (skor minimal 450) atau yang setara yang masih berlaku (maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat).

  1. Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL, bisa menghubungi UPT Bahasa Universitas Brawijaya (http://www.fib.ub.ac.id/UPT_Bahasa/) atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes ITP-TOEFL dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
  2. Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL tapi telah memiliki sertifikat Preparation/Institutional TOEFL, iBT TOEFL atau IELTS maka calon mahasiswa diperkenankan untuk menggunakan sertifikat tersebut sebagai dasar untuk melakukan asesmen awal pada saat seleksi wawancara.
  3. Panitia seleksi  masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
  4. Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TOEFL nya kurang dari standar yang ditentukan dan/atau masih belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat ITP-TOEFL nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.

4.

Memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS (skor minimal 450) dan masih berlaku (maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat).

  1. Bagi yang belum memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS, bisa menghubungi Fakultas Ilmu Administrasi (http://fia.ub.ac.id/) atau Pascasarjana (http://ppsub.ub.ac.id) Universitas Brawijaya atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes TPA OTO BAPPENAS dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
  2. Panitia seleksi masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
  3. Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TPA nya kurang dari standar yang ditentukan akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat TPA OTO BAPPENAS nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.

5.

Memiliki rencana atau sinopsis riset sebagai acuan untuk rencana tesis yang akan dikerjakan selama menjalani program magister yang disesuaikan dengan salah satu Laboratorium Riset atau Grup Riset yang ada:

  1. Sistem Cerdas
  2. Computer Vision
  3. Jaringan Berbasis Informasi
  4. Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak
  5. Rekayasan Perangkat Lunak
  6. Sistem Informasi
  7. Geoinformatika
  8. Embedded System
  9. Technology-Enhanced Learning

6.

Melampirkan karya ilmiah yang telah dipublikasikan sebagai penulis pertama atau penulis pendukung apabila ada.

7.

Membuat surat pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan pendidikan magister beserta semua kewajibannya.

8.

Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit.

9.

Menyertakan surat rekomendasi dari:

  1. Dua orang yang dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar (dosen pembimbing skripsi dan/atau pembimbing akademik), bagi mahasiswa fresh graduate;
  2. Satu orang dari dosen pembimbing skripsi pada pendidikan sarjana, bagi yang sudah bekerja;

10.

Menyertakan surat ijin dari pimpinan (satu surat ijin) pada tempat kerja saat ini, bagi yang sudah bekerja.

11.

Lulus tes ujian masuk: bidang (tertulis) dan wawancara. Hasil tes bidang sekaligus akan digunakan untuk menentukan mata kuliah matrikulasi yang harus ditempuh bagi pendaftar yang dinyatakan lulus bersyarat bidang. Materi uji/tes bidang: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK) dan Basis Data (BD).

Tahapan pendaftaran mengikuti informasi pada halaman seleksi pascasarjana UB:

Seleksi Pascasarjana UB

Template formulir dan surat pernyataan dapat diunduh di link pada tab Unduh Formulir

Biaya pendidikan magister untuk pendaftaran mahasiswa kelas regular TA. 2022/2023 terdiri atas:

i. 

Pendaftaran Reguler I

Rp   1.000.000,-

ii. 

Biaya matrikulasi (jika diwajibkan) per sks

Rp      250.000,-

iii. 

UKTa)

Rp 11.700.000,-

Note:
a) Mengikuti peraturan Rektor yang berlaku

Berikut adalah tanggal penting terkait pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya:

 

Gelombang I

Pendaftaran Reguler Program Magister : 7 Februari – 8 April 2022
Verifikasi berkas pendaftaran : 11 – 12 April 2022
Psikotes : 14 April 2022
Tes bidang* : 14 April 2022
Tes wawancara : 18 – 19 April 2022
Pengumuman hasil seleksi : 26 April 2022
Daftar ulang mahasiswa baru : Menyesuaikan jadwal UB
Orientasi pendidikan FILKOM : Menyesuaikan jadwal UB
Pekan matrikulasi : Menyesuaikan jadwal UB
Awal perkuliahan : Menyesuaikan jadwal UB

 

Gelombang II

Pendaftaran Reguler Program Magister : 2 Mei – 29 Juli 2022
Verifikasi berkas pendaftaran : 1-2 Agustus 2022
Psikotes : 8 Agustus 2022
Tes bidang* : 8 Agustus 2022
Tes wawancara : 9 – 10 Agustus 2022
Pengumuman hasil seleksi : 16 Agustus 2022
Daftar ulang mahasiswa baru : Menyesuaikan jadwal UB
Orientasi pendidikan FILKOM : Menyesuaikan jadwal UB
Pekan matrikulasi : Menyesuaikan jadwal UB
Awal perkuliahan : Menyesuaikan jadwal UB

 

*) Materi uji: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK), Basis Data (BD)

Seleksi mahasiswa baru tidak menggunakan seleksi sistem gugur. Panitia seleksi akan mempertimbangkan setiap skor berdasarkan bobot masing-masing dari setiap tahap untuk menentukan nilai akhir seleksi. Kandidat yang diterima akan ditentukan berdasarkan rangking nilai akhir yang disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Skor yang masih kurang dari standar pada Persyaratan Pendaftaran akan tetap digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk asesmen pada saat tahap wawancara.

 

 

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo