Beasiswa

Beasiswa

Program Beasiswa RISET (Research Intensification for Sustainable Education and Training) FILKOM UB ini dirancang sebagai stimulan untuk melakukan intensifikasi riset dalam rangka mendukung pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan bagi para mahasiswa magister yang terpilih.

Program beasiswa ini bertujuan untuk memberikan bantuan pembiayaan kuliah di Program Magister Ilmu Komputer kepada para mahasiswa yang berkualitas dan terseleksi dengan tugas utama menyelesaikan studi magisternya dengan baik dan membantu melakukan intensifikasi riset di lingkungan FILKOM UB dan meningkatkan publikasi (baik kualitas dan kuantitas) di level internasional dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

Target penerima dari beasiswa ini adalah mahasiswa berprestasi yang akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru Program Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.

PERSYARATAN BEASISWA

  1. Calon penerima beasiswa adalah mahasiswa yang telah dinyatakan lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Komputer, FILKOM UB.
  2. Memiliki Indeks Prestasi (IPK) minimal 3,25 untuk skala 4 pada transkrip nilai sarjana.
  3. Memiliki rencana/sinopsis riset yang berkualitas berdasarkan penilaian yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Beasiswa RISET FILKOM UB, yang akan dikerjakan selama menjalani Program Magister Ilmu Komputer.
  4. Memiliki nilai sertifikat ITP-TOEFL dan TPA OTO BAPPENAS di atas rata-rata dari seluruh mahasiswa Magister Ilmu Komputer yang diterima pada masa penerimaan yang sama.
  5. Membuat surat pernyataan kesanggupan untuk menghasilkan publikasi yang ditentukan sesuai dengan porsi beasiswa yang diterima selama menjalani studi.
  6. Mengisi form pendaftaran beasiswa RISET.
  7. Lulus tes wawancara.

KETENTUAN UMUM

  1. Beasiswa RISET FILKOM UB hanya diperuntukkan untuk SPP pada semester reguler (Ganjil dan Genap), dan TIDAK selainnya.
  2. Beasiswa diberikan dalam jangka waktu maksimal 4 (empat) semester.
  3. Mahasiswa yang akan mendaftar beasiswa diharuskan sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari calon pembimbing utama dengan mengisikan “Form Kesediaan Sebagai Pembimbing”.
  4. Untuk dapat mengetahui profil serta informasi kontak calon pembimbing utama dapat dilihat pada halaman web: 
    http://mcs.filkom.ub.ac.id/unit/prodi/milkom/read/dosen/f5c97f2
  5. Besarnya beasiswa yang diberikan mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    1. Platinum – mahasiswa  dibebaskan pembayaran SPP per semester sebesar 100%  sesuai periode masuk dengan mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
      • melakukan riset sejak awal Semester 1 dengan bimbingan dari salah satu dosen program magister sesuai dengan bidang minatnya.
      • menjalankan tugas sebagai research assistant.
      • menghasilkan 2 publikasi pada jurnal internasional yang memiliki rangking minimal B berdasarkan sistem rangking yang ditetapkan oleh FILKOM UB.
      • menunjukkan kinerja akademik yang baik dengan mendapatkan IPK minimal 3,50 untuk skala 4 pada akhir Semester 1 dan 2.
    2. Diamond – mahasiswa  dibebaskan pembayaran SPP per semester sebesar 75%  sesuai periode masuk dengan mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
      • melakukan riset sejak awal Semester 1 dengan bimbingan dari salah satu dosen program magister sesuai dengan bidang minatnya.
      • menjalankan tugas sebagai research assistant.
      • menghasilkan 1 publikasi pada jurnal internasional yang memiliki rangking minimal B berdasarkan sistem rangking yang ditetapkan oleh FILKOM UB.
      • menunjukkan kinerja akademik yang baik dengan mendapatkan IPK minimal 3,35 untuk skala 4 pada akhir Semester 1 dan 2.
    3. Gold – mahasiswa  dibebaskan pembayaran SPP per semester sebesar 50%  sesuai periode masuk dengan mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
      • melakukan riset sejak awal Semester 1 dengan bimbingan dari salah satu dosen program magister sesuai dengan bidang minatnya.
      • menjalankan tugas sebagai research assistant.
      • menghasilkan 2 publikasi pada jurnal internasional yang memiliki rangking minimal C berdasarkan sistem rangking yang ditetapkan oleh FILKOM UB.
      • menunjukkan kinerja akademik yang baik dengan mendapatkan IPK minimal 3,20 untuk skala 4 pada akhir Semester 1 dan 2.
    4. Silver – mahasiswa  dibebaskan pembayaran SPP per semester sebesar 25%  sesuai periode masuk dengan mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
      • melakukan riset sejak awal Semester 1 dengan bimbingan dari salah satu dosen program magister sesuai dengan bidang minatnya.
      • menjalankan tugas sebagai research assistant.
      • menghasilkan 1 publikasi pada jurnal internasional yang memiliki rangking minimal C berdasarkan sistem rangking yang ditetapkan oleh FILKOM UB.
      • menunjukkan kinerja akademik yang baik dengan mendapatkan IPK minimal 3,00 untuk skala 4 pada akhir Semester 1 dan 2.
  6. Jika penerima beasiswa tidak mampu memenuhi ketentuan butir (c) di atas, maka penerima beasiswa WAJIB mengembalikan dana beasiswa yang telah diterimanya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh FILKOM UB.
  7. Penerima beasiswa memiliki peluang mendapatkan insentif publikasi internasional berdasarkan ketentuan yang berlaku di Universitas Brawijaya sesuai dengan kesepakatan dengan pembimbing.
  8. Penerima beasiswa akan menjadi Research Assistant dari dosen pembimbing utama yang dipilih mulai dari semester 1.
  9. Sebagai Research Assistant, penerima beasiswa akan menjalankan riset yang sesuai dengan kerangka riset dari pembimbing utama. Pembimbing utama dapat menjadi first author dalam publikasi dari penelitian tersebut.
  10. Penerima beasiswa harus membuat laporan tertulis kinerja akademik pada butir (c) di atas pada setiap akhir semester yang disahkan oleh Ketua Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika dan ditujukan kepada Dekan FILKOM UB.
  11. Jika penerima beasiswa tidak mampu memenuhi ketentuan kinerja akademik di atas, maka beasiswa akan dicabut seketika.

PENDAFTARAN

  1. Menyerahkan segala kelengkapan berkas pendaftaran Program Beasiswa selambat-lambatnya tanggal 19 Mei 2020 untuk Gelombang I dan 14 Juli 2020 untuk Gelombang II ke Sekretariat Pendaftaran Program Magister Fakultas Ilmu Komputer, dengan jumlah berkas rangkap dua.
    • Fotocopy Ijazah S1 yang dilegalisir institusi.
    • Fotocopy Transkrip Nilai S1 dilegalisir institusi.
    • Fotocopy Sertifikat ITP-TOEFL yang masih valid (berumur < 2 th TMT     tanggal tes).
    • Fotocopy Sertifikat TPA OTO BAPPENAS yang masih valid (berumur < 2 th TMT tanggal tes).
    • Menyerahkan Fotocopy Piagam/Sertifikat penghargaan bila memiliki.
    • Mengisi Form Pendaftaran Beasiswa RISET (Research Intensification for Sustainable Education and Training).
    • Mengisi Form Kesanggupan bermaterai.
    • Menyerahkan fotocopy bukti pembayaran pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Komputer yang di dalamnya terdapat PIN dan nomor pendaftaran (NP).
  2. Menyerahkan Rencana Riset dalam bahasa Inggris dengan ketentuan sebagai berikut
    • Menuliskan judul riset
    • 1 Kolom, 1, 5 spasi
    • Minimum 4 halaman
    • Konten wajib terdiri dari (Judul, Latar belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metodologi). Mengenai pengembangan atau penambahan isi diperkenankan sesuai dengan keinginan Calon Pendaftar Beasiswa nantinya.
  3. Menyerahkan Foto berwarna terbaru 4x6 sebanyak 2 lembar dan 3x4 sebanyak 2 lembar.
  4. Pendaftar harus melakukan verifikasi berkas dengan membawa dokumen aslinya pada tanggal 18 – 19 Mei 2020 (Pukul 09.00 – 15.00 WIB) untuk Gelombang I dan 13 – 14 Juli 2020 (Pukul 09.00 – 15.00 WIB) untuk Gelombang II.
  5. Pengumuman Kelulusan untuk Beasiswa akan ditampilkan pada website Program Magister http://mcs.filkom.ub.ac.id/ pada tanggal 20 Juli 2020.
  6. Melakukan daftar ulang pada tanggal 27 Juli – 7 Agustus 2020
  7. Mengikuti orientasi pendidikan FILKOM pada tanggal 10 Agustus 2020
  8. Pekan matrikulasi dilakukan pada tanggal 3 – 4 Agustus 2020
  9. Awal perkuliahan dimulai tanggal 17 Agustus 2020

File unduhan yang diperlukan:

  1. Form Pendaftaran Beasiswa
  2. Form Rekomendasi Beasiswa
  3. Form Kesediaan Pembimbing Utama
  4. Pernyataan Kesanggupan Persyaratan

 

 

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo