Pendaftaran Kelas Reguler II

Pendaftaran Kelas Reguler II

Narahubung:

Departemen Teknik Informatika

+62 811-3222-9696

magister.ilkom@ub.ac.id

Untuk dapat diterima menjadi mahasiswa Kelas Reguler II pada Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1.

Warga Negara Indonesia.

2.

Telah lulus program sarjana dengan berbagai latar belakang keilmuan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dan memiliki Indeks Prestasi (IPK) minimal 3,00 untuk skala 4.

3.

Memiliki sertifikat ITP-TOEFL (skor minimal 480) atau yang setara (IELTS 5) yang masih berlaku (maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat).

  1. Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL, bisa menghubungi UPT Bahasa Universitas Brawijaya (Brawijaya Language Center) https://blc.ub.ac.id/ atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes ITP-TOEFL dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
  2. Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL tapi telah memiliki sertifikat Preparation/Institutional TOEFL, iBT TOEFL atau IELTS maka calon mahasiswa diperkenankan untuk menggunakan sertifikat tersebut sebagai dasar untuk melakukan asesmen awal pada saat seleksi wawancara.
  3. Panitia seleksi  masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
  4. Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TOEFL nya kurang dari standar yang ditentukan dan/atau masih belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat ITP-TOEFL nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.

4.

Memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS (skor minimal 480) dan masih berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.

  1. Bagi yang belum memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS, bisa menghubungi Fakultas Ilmu Administrasi (http://fia.ub.ac.id/) atau Pascasarjana (http://ppsub.ub.ac.id) Universitas Brawijaya atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes TPA OTO BAPPENAS dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
  2. Panitia seleksi masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
  3. Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TPA nya kurang dari standar yang ditentukan akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat TPA OTO BAPPENAS nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.

5.

Memiliki rencana atau sinopsis riset sebagai acuan untuk rencana tesis yang akan dikerjakan selama menjalani program magister yang disesuaikan dengan salah satu Laboratorium Riset atau Grup Riset yang ada:

  1. Sistem Cerdas
  2. Computer Vision
  3. Jaringan Berbasis Informasi
  4. Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak
  5. Rekayasan Perangkat Lunak
  6. Sistem Informasi
  7. Geoinformatika
  8. Embedded System
  9. Technology-Enhanced Learning

6.

Melampirkan karya ilmiah yang telah dipublikasikan sebagai penulis pertama atau penulis pendukung apabila ada.

7.

Membuat surat pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan pendidikan magister beserta semua kewajibannya.

8.

Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit.

9.

Menyertakan surat rekomendasi dari satu orang dari dosen pembimbing skripsi pada pendidikan sarjana.

10.

Menyertakan surat ijin dari pimpinan (satu surat ijin) pada tempat kerja saat ini.

11.

Lulus tes ujian masuk: bidang (tertulis) dan wawancara. Hasil tes bidang sekaligus akan digunakan untuk menentukan mata kuliah matrikulasi yang harus ditempuh bagi pendaftar yang dinyatakan lulus bersyarat bidang. Materi uji/tes bidang: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK) dan Basis Data (BD)

Tahapan pendaftaran mengikuti informasi pada halaman seleksi pascasarjana UB:

Seleksi Pascasarjana UB

 

Template formulir dan surat pernyataan dapat diunduh di link berikut (https://mcs.filkom.ub.ac.id/unit/prodi/milkom/read/reguler/b49946509ff64e):
https://s.ub.ac.id/milkom-2024

Kelengkapan dokumen yang perlu diupload pada pendaftaran online :

  1. Foto diri berwarna terbaru (File JPG)
  2. Ijazah dan Transkrip Sarjana (File PDF)
  3. Ijazah dan Transkrip Magister (untuk pendaftar program Doktor) (File PDF)
  4. Sertifikat Tes Potensi Akademik (File PDF)
  5. Sertifikat TOEFL/Tes kemampuan bahasa Inggris lainnya (lihat syarat pada masing-masing program studi untuk keterangan lebih lanjut) (File PDF)
  6. Dua surat rekomendasi akademik (untuk pendaftar program Magister), atau tiga surat rekomendasi akademik (untuk pendaftar program Doktor) (File PDF)
  7. Surat keterangan sehat dan bebas narkoba (File PDF)
  8. KTP (File JPG)
  9. Surat Ijin/Penugasan dari instansi (bagi yang sudah bekerja) (File PDF)
  10. Daftar Riwayat Hidup (File PDF)
  11. Sinopsis rencana penelitian (File PDF)
  12. Surat keterangan sumber dana (File PDF)
  13. Profil mahasiswa pada situs Forlap Dikti (lakukan pencarian pada https://pddikti.kemdikbud.go.id/ kemudian screenshot halaman data mahasiswa) (File JPG)

Program Reguler 1 : Waktu kuliah Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB
Program Reguler 2 : Waktu kuliah Senin-Jumat (Hybrid) pukul 18.00-20.30 WIB & Sabtu (Luring) pukul 08.00-12.00 WIB.

Biaya pendidikan magister untuk pendaftaran mahasiswa kelas reguler TA. 2024/2025 terdiri atas:

i. Biaya Pendaftaran Reguler I & II Rp. 1.000.000,-
ii. Biaya matrikulasi (jika diwajibkan) per sks Rp.   250.000,-
iii. a. UKT Reguler 1a) Rp. 11.700.000,-
  b. UKT Reguler 2a) Rp. 15.000.000,-

Note:

  1. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  2. a) Mengikuti peraturan Rektor yang berlaku.

Berikut adalah tanggal penting terkait pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya:

Gelombang I

1. Pendaftaran Program Magister :  12 Februari - 26 April 2024
2. Verifikasi berkas pendaftaran :  29 - 30 April 2024
3. Psikotes ;  11 Mei 2024
4. Tes bidang* :  11 Mei 2024
5. Tes wawancara :  11 Mei 2024
6. Pengumuman hasil seleksi :  27 Mei 2024
7. Daftar ulang mahasiswa baru :  Awal Semester Ganjil 2024/2025 (Diumumkan lebih lanjut)

 

Gelombang II

 

1. Pendaftaran Program Magister :  3 Juni - 12 Juli2024
2. Verifikasi berkas pendaftaran :  15 Juli - 16 Juli 2024
3. Psikotes :  27 Juli 2024
4. Tes bidang* :  27 Juli 2024
5. Tes wawancara :  27 Juli 2024
6. Pengumuman hasil seleksi :  5 Agustus 2024
7. Daftar ulang mahasiswa baru :  Awal Semester Ganjil 2024/2025 (Diumumkan lebih lanjut)

 

*) Materi uji Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK), Basis Data (BD)

 

 

Kontak :

Official Website :  https://mcs.filkom.ub.ac.id/
Email :  magister.ilkom@ub.ac.id
WA Business :  +62 811-3222-9696 (Departemen Teknik Informatika)

Seleksi mahasiswa baru tidak menggunakan seleksi sistem gugur. Panitia seleksi akan mempertimbangkan setiap skor berdasarkan bobot masing-masing dari setiap tahap untuk menentukan nilai akhir seleksi. Kandidat yang diterima akan ditentukan berdasarkan rangking nilai akhir yang disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Skor yang masih kurang dari standar pada Persyaratan Pendaftaran akan tetap digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk asesmen pada saat tahap wawancara.

 

 

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo