SAP

* Bagi calon mahasiswa SAP FILKOM 2020/2021 yang belum memiliki tanda bukti lulus (sedang menempuh mata kuliah skripsi dan akan melaksanakan ujian dalam waktu dekattetap dapat melakukan pendaftaran dan seleksi SAP FILKOM 2020/2021 dengan membuat surat pernyataan yang formatnya bisa diminta pada contact person (CP) terlampir. Tanda bukti lulus wajib ditunjukkan pada saat daftar ulang jika dinyatakan lulus.

*Jika dalam waktu yang telah ditentukan tidak dapat menunjukkan bukti kelulusan D3, maka hasil kelulusan SAP calon mahasiswa akan ditunda di Semester Genap 2020/2021. Kemudian jika sampai periode pendaftaran Semester Genap 2020/2021 belum bisa menunjukkan bukti kelulusan maka kelulusan tes SAP Semester Ganjil TA. 2020/2021 akan dibatalkan.

 

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU SELEKSI ALIH PROGRAM
FAKULTAS ILMU KOMPUTER SEMESTER GANJIL 2020/2021

Seleksi Alih Program (SAP) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijya dari Program Diploma 3 (D-3)/Politeknik atau yang sederajat ke Program S-1 melalui ujian daring yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan yang akan diterapkan sama dengan sistem pendidikan Program S-1 bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMUB dengan menempuh perkuliahan kurikulum  S-1 setelah penyetaraan mata kuliah berdasarkan transkrip program pendidikan sebelumnya (D-3), sehingga ijazah Sarjana yang akan diperoleh adalah Ijazah Universitas Brawijaya. Proses pendidikan dilaksanakan di kampus FILKOM Universitas Brawijaya dan diselengggarakan bersamaan dengan mahasiswa S1 reguler (perkuliahan diselenggarakan hari Senin - Jumat).

Program Studi

  • Teknik Informatika (S1)
  • Teknik Komputer (S1)
  • Sistem Informasi (S1)
  • Teknologi Informasi (S1)
  • Pendidikan Teknologi Informasi (S1)

Persyaratan Umum

Calon mahasiswa yang akan diterima melalui Seleksi Alih Program FILKOM Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2020/2021 adalah:

  • Lulusan Politeknik/Akademi/Program Diploma 3 (D-3)
  • Mempunyai IPK>=2.75
  • Calon yang ditugaskan dari suatu instansi sebagai mahasiswa tugas belajar harus telah mempunyai masa kerja dibidang keahliannya sekurang-kurangnya dua tahun dan IPK=2.75

Persyaratan khusus

  • Teknik Informatika (S1) berasal dari lulusan (D-3) :
    • Teknik Informatika
    • Manajemen Informatika
    • Teknologi Informasi
  • Teknik Komputer (S1) berasal dari lulusan (D-3):
    • Teknik Komputer
    • Teknik Informatika
    • Teknik Elektro (Bidang/minat Elektronika/Komputer)
  • Sistem informasi (S1) berasal dari lulusan (D-3):
    • Manajemen Informatika
    • Sistem informasi
    • Komputer dan Sistem Informasi
  • Pendidikan Teknologi Informasi berasal dari lulusan (D-3)
    • Teknologi Informasi
    • Manajemen Informatika
    • Teknik Informatika
    • Sistem informasi
  • Teknologi Informasi (S1) berasal dari lulusan (D-3):
    • Teknologi Informasi
    • Manajemen Informatika
    • Teknik Informatika

Pendaftaran

Tanggal 

 29 Juni – 29 Juli 2020

Persyaratan

Berikut adalah tahapan pendaftaran Seleksi Alih Program (SAP) FILKOM Universitas Brawijaya:

  1. Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 29 Juli 2020
  2. Calon peserta login pada  https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
  3. Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  4. Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
  5. Pendaftar memilih Seleksi Alih Program FILKOM Sarjana, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  6. Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id pada tanggal: 29 Juni – 29 Juli 2020
  7. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN(13 digit);
  8. Biaya pendaftaran sebesar  Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  9. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapunHarap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  10. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  11. Setelah konfirmasi, pendaftar dapat melakukan pengisian pendaftaran Seleksi Alih Program FILKOM Sarjana, termasuk mengupload berkas-berkas seperti pada daftar berkas di bawah :
    1. Kartu identitas (KTP/SIM)
    2. Foto terbaru
    3. ljazah / SKL
    4. Transkrip nilai
    5. Form pernyataan apabila ijazah/SKL dan transkrip nilai masih dalam proses, unduh disini https://drive.google.com/file/d/1OLsX9mxMbXwSNvO9i2EDGoiU3PnIhgyQ/view?usp=sharing
    6. Bukti pembayaran
  12. Setelah pendaftaran selesai, peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Seleksi Alih Program FILKOM Sarjana.
  13. Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian.

 Tes Masuk

 Tanggal

04 Agustus 2020

 Waktu 

09.00 WIB

Pelaksanaan Daring melalui cat-tif.ub.ac.id

Materi 

Test Bidang :

Teknik Informatika:

  • Pengantar Teknologi Informasi 
  • Sistem Digital + Arsitektur dan Organisasi Komputer 
  • Database + Rekayasa Perangkat Lunak 
  • Pemrograman
  • Jaringan Komputer

Teknik Komputer:

  • Pengantar Teknologi Informasi 
  • Sistem Digital + Arsitektur dan Organisasi Komputer 
  • Dasar Elekronika + Mikrokontroler 
  • Pemrograman
  • Jaringan Komputer 

Sistem Informasi:

  • Pengantar Teknologi Informasi
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Manajemen dan Organisasi
  • Database + Rekayasa Perangkat Lunak
  • Pemrograman
  • Jaringan Komputer

Teknologi Informasi:

  • Pengantar Teknologi Informasi 
  • Sistem Digital + Arsitektur dan Organisasi Komputer 
  • Database + Rekayasa Perangkat Lunak 
  • Pemrograman
  • Jaringan Komputer 

Pendidikan Teknologi Informasi:

  • Pengantar Teknologi Informasi 
  • Sistem Digital + Arsitektur dan Organisasi Komputer 
  • Database + Rekayasa Perangkat Lunak 
  • Pemrograman
  • Jaringan Komputer

Psikotest

Pengumuman dan Daftar Ulang

 Pengumuman 

07 Agustus 2020

 Pendaftaran Ulang 

Mengikuti Jadwal Universitas Brawijaya 

Biaya Pendidikan

Perincian Biaya Pendidikan tiap semester dapat dilihat seperti pada tabel berikut:

Program Studi

Per-Semester

Satu Kali Bayar

 

Kategori SPP

Kategori SPFP

Teknik Informatika

Rp.              5.575.000

Rp.           42.285.000

Teknik Komputer

Rp.              5.575.000

Rp.           42.285.000

Sistem Informasi

Rp.              5.075.000

Rp.           42.285.000

Teknologi Informasi

Rp.              5.075.000

Rp.           37.285.000

Pendidikan Teknologi Informasi

Rp.              5.075.000

Rp.           37.285.000

Keterangan lengkap dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi Alih Program Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan alamat tersebut di atas.

Contact Person :

Dwi Nur Indah Lestari, S.H

:

0811 3225 7272 (WA Only)

Hariyatul Fitriya, S.AB.

:

0811 3225 4666 (WA Only)

 

 

 

Share