Prosedur Pelaksanaan Semester Antara (Semester Pendek) Tahun Akademik 2020/2021

15:56

Prosedur Pelaksanaan Semester Antara (Semester Pendek) Tahun Akademik 2020/2021

1. Ketentuan:

  • Sesuai dengan kalender akademik Universitas Brawijaya 2020/2021, Semester Antara (Semester Pendek) Fakultas llmu Komputer (FILKOM) TA. 2020/2021 akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni - 17 Juli 2021.
  • Mata kuliah baru (tidak mengulang) yang tidak berpraktikum bisa diprogram pada Semester Antara.
  • Mata kuliah berpraktikum bisa diulang bila nilai praktikum >=60 dengan menunjukkan nilai praktikum mata kuliah terkait di SIAM, bila nilai tidak tercantum di SIAM maka diharuskan meminta surat keterangan dari Laboratorium Pembelajaran.
  • Jika Mata Kuliah di kurikulum lama tidak berpraktikum, sedang Mata Kuliah pengganti di kurikulum baru berpraktikum, maka tidak bisa diprogram di Semester Antara.
  • Maksimal SKS yang dapal diambil sebanyak 9 (sembilan) SKS.
  • Mata kuliah yang telah diprogram pada Form Pendataan bisa diganti pada saat Pendaftaran apabila Mata Kuliah tersebut tidak diselenggarakan.
  • Minimal peserta kuliah pada tiap kelas sejumlah 10 (sepuluh) mahasiswa.
  • Biaya sebesar Rp. 100.000,- /sks.
  • Tidak ada pengembalian uang pembayaran yang telah dilakukan dengan alasan apapun jika Mata Kuliah dilaksanakan.
  • Mahasiswa yang melakukan Pendataan tidak sesuai dengan Pendaftaran akan diberikan sanksi denda buku untuk ruang baca sejumlah mata kuliahnya dan membuat pemyataan untuk tidak mengulangi.
  • Mahasiswa terminal bisa mengikuti bila ada rekomendasi dari Kaprodi dan disetujui Kajur (Mahasiswa mengajukan surat permohonan disertai alasan terminal, ditujukan ke Kaprodi).
  • Mahasiswa yang tidak melakukan pendataan semester antara, tidak dapat mengikuti pendaftaran semester antara.

2. Pendataan:

  • Mahasiswa memprogram Pendataan Mata Kuliah yang akan ditempuh pada Semeter Antara melalui FilkomApps pada tanggal 7 – 11 Juni 2021.
  • Mahasiswa mencetak Form Pendataan FilkomApps, kemudian Konsultasi ke dosen PA pada tanggal 7 – 11 Juni 2021. 
  • Daftar mata kuliah yang diselenggarakan dan jadwal kuliah Semester Antara akan diumumkan pada tanggal 14 Juni 2021.

3. Pendaftaran:

  • Mahasiswa melakukan Pendaftaran melalui FilkomApps pada tanggal 14 – 17 Juni 2021 sesuai dengan daftar mata kuliah yang ada pada Form Pendataan Mata Kuliah pada FilkomApps.
  • Mahasiswa mencetak Form Pembayaran dari FilkomApps.
  • Mahasiswa melakukan pembayaran pada tanggal 14 – 17 Juni 2021 di BNI pada:

No. Rekening   :  772187874

Atas Nama       :  Rektor UBM

  • Pembayaran dilakukan pada teller bank, ATM non tunai atau internet banking dengan menyertakan berita keterangan “SA FILKOM ..... SKS”. Pastikan jumlah sks sesuai dengan jumlah sks yang diprogram (tanpa praktikum).
  • Mahasiswa  mengupload Nilai Praktikum (jika berpraktikum) dan Bukti Pembayaran ke FilkomApps  14 – 17 Juni 2021.
  • Input KRS Semester Antara dan Validasi akan dilakukan oleh operator akademik lantai 1 Gedung F FILKOM UB 14 – 17 Juni 2021.
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi bagian Akademik lantai 6 Gedung F FILKOM.

4. Jadwal Konsultasi PA

Jadwal Konsultasi Pembimbing Akademik (PA) Semester Antara dan permohonan Surat Keterangan Nilai Praktikum ke Lab. Pembelajaran:

Angkatan 2014 – 2017 :    8 – 9 Juni 2021

Angkatan 2018 – 2020 :    10 – 11 Juni 2021

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi bagian Akademik Fakultas (Yohanes 08155503446 - WA Message Only) atau email ke akademikfilkom@ub.ac.id.

5. Mekanisme Pengajuan Nilai Praktikum

Mekanisme pengajuan permintaan nilai praktikum secara daring:

  • Mahasiswa melakukan cek nilai praktikum melalui SIAM
  • Bila di SIAM sudah ada nilai praktikum, maka nilai tersebut yang bisa digunakan persyaratan pendaftaran Semester Antara
  • Bila tidak ada komponen nilai praktikum pada SIAM, dapat mengajukan permintaan nilai praktikum secara daring dengan mengisi form dan mengunggah hasil scan KHS dari SIAM di https://forms.gle/f17zrxXV27387cV76.
  •  Laboran akan mengirimkan surat keterangan nilai praktikum ke email masing-masing mahasiswa

Info tambahan : Untuk mahasiswa angkatan 2019 dibatasi hanya diperbolehkan maksimal 6 SKS dan biaya pembayaran hanya untuk 6 SKS tersebut. Bagi yang sudah terlanjur mendata 9 sks, namun karena adanya pembatasan SKS karena KKN maka diharap segera lapor ke WA center Akademik dengan menyampaikan MK apa yang dipilih untuk dibatalkan (khusus 2019 yang akan KKN)

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo