Semester Genap TA. 2015/2016 Magister Ilmu Komputer Terima 16 Mahasiswa Baru

16:09

Semester Genap TA. 2015/2016 Magister Ilmu Komputer Terima 16 Mahasiswa Baru

Magister Ilmu Komputer/Informatika Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) pada Semester Genap TA. 2015/2016 menyambut mahasiswa baru (maba) angkatan ketiganya sejumlah 16 orang pada program Orientasi Pendidikan, Rabu (10/2/2016). Disampaikan oleh Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D, Ketua Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB bahwa pada semester ini terdapat 25 pendaftar dimana 24 diantaranya melakukan pemberkasan dan sejumlah 22 orang yang kemudian mengikuti ujian tertulis dan wawancara. Dari hasil seleksi ditetapkan 20 orang mahasiswa diterima sebagai mahasiswa baru dan 8 orang diantaranya mendapatkan beasiswa RISET. Jumlah tersebut meningkat dibanding semester genap TA 2014/2015 dimana peminat yang mendaftar sejumlah 22 orang.
“Dari 20 orang yang diterima di semester ini yang melakukan daftar ulang sejumlah 16 orang,” jelas Tri Astoto pada pembukaan orientasi pendidikan.

Pada Orientasi Pendidikan yang digelar satu hari tersebut para maba mengikuti beberapa agenda kegiatan yang dirancang khusus untuk mempersiapkan maba dalam memasuki perkuliahan. Diantaranya pengenalan program Magister Ilmu Komputer/Informatika, psikotest untuk mendapatkan data psikologi para maba, pengenalan grup riset dan tour berkeliling FILKOM untuk mengetahui lokasi ruang perkuliahan, ruang sub bagian dan unit tempat para maba nantinya harus mengurus berbagai keperluan administratif perkuliahan.

Sesi pengenalan program Magister Ilmu Komputer/Informatika disampaikan oleh Fitri Utaminingrum, Dr. Eng., S.T, M.T selaku Sekretaris program studi Magister Ilmu Komputer/Informatika. Dijelaskan olehnya bahwa terdapat empat bidang minat yang dapat dipilih oleh para mahasiswa meliputi bidang minat Sistem Cerdas, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak serta Jaringan Berbasis Informasi. Beban studi yang harus ditempuh mahasiswa hingga lulus adalah minimal 47 sks yang terdiri atas 32 sks beban kuliah dan 15 sks beban riset tesis. Beban studi tersebut dimungkinkan untuk dapat ditempuh dengan masa studi 1.5 hingga 4 tahun. Untuk memastikan mahasiswa dapat memenuhi standar masa studi maka akan dilakukan evaluasi studi di setiap akhir semester perkuliahan. Bagi mahasiswa yang tidak dapat memenuhi standarisasi capaian studi akan dianggap tidak mampu meneruskan studi dan diberhentikan dari proses studinya di program Magister Ilmu Komputer/Informatika. Mahasiswa yang dianggap gagal studi adalah yang memiliki IPK kurang dari 3.00 pada setiap semester, tidak lulus ujian proposal tesis dan masa studinya habis sebelum dapat menyelesaikan beban studi sesuai ketentuan yang berlaku.

Mengingat beban studi mahasiswa magister yang cukup berat maka setiap mahasiswa sejak awal perkuliahan diingatkan untuk segera memahami keminatan yang akan dipilihnya dan menetukan penelitian yang akan dilakukan untuk tesisnya. Pihak Magister Ilmu Komputer/Informatika menyediakan wadah untuk membantu pengembangan mahasiswa dalam bidang penelitian yaitu dengan adanya grup riset. Adapun 7 grup riset yang dapat dipilih oleh mahasiswa adalah computer vision, geoinformatika, jaringan berbasis informasi, teknologi media game dan piranti bergerak, sistem cerda serta rekayasa perangkat lunak. Seluruh grup riset yang ada selalu menjadwalkan pertemuan induksi riset setiap seminggu sekali pada hari Jumat. Pertemuan tersebut dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen untuk sharing perkembangan hasil penelitiannya melalui presentasi bergantian serta untuk mendapat masukan atas penelitiannya tersebut dari peneliti lainnya. [dna]

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo