Penandatanganan Perjanjian Beasiswa RISET Semester Ganjil TA 2016/2017

16:04

Penandatanganan Perjanjian Beasiswa RISET Semester Ganjil TA 2016/2017

Tujuh mahasiswa baru Program Magister Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Semester Ganjil TA. 2016/2017 yang dinyatakan diterima dan mendapat beasiswa Research Intensification for Sustainable Education and Training (RISET), melakukan penandatanganan Perjanjian Beasiswa RISET pada Rabu (6/10/2016). Bertempat diruang Meeting gedung A FILKOM, penandatangan perjanjian dilakukan antara penerima beasiswa dan pimpinan FILKOM UB. Dalam perjanjian tersebut dijelaskan secara detil mengenai hak dan kewajiban penerima dan pemberi beasiswa. Fitri Utaminingrum, Dr. Eng., S.T, M.T Ketua Program studi Magister Ilmu Komputer FILKOM menyampaikan bahwa dari hasil seleksi yang dilakukan, pada semester ganjil TA 2016/2017 ini terdapat 7 mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa RISET. Dimana skema beasiswa yang diberikan meliputi 1 diamond, 5 gold dan 1 silver.

Dikatakan oleh Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D bahwa beasiswa RISET tersebut diberikan untuk mendorong peningkatan jumlah penelitian di FILKOM. Hal ini perlu dikarenakan FILKOM merupakan fakultas baru di UB namun tetap harus mampu sejajar dengan fakultas lain di UB yang sudah berdiri cukup lama.
“Karena itu nanti kalian harus ikut serta dalam grup riset. Nanti disitu akan diarahkan untuk bisa melakukan penelitian dan publikasi ilmiah,” jelas Wayan.

Meski demikian para penerima beasiswa diingatkan untuk berhati-hati dan menjalani perkuliahan serta penelitiannya dengan sungguh-sungguh. Karena bukan tidak mungkin jika capaian prestasi mahasiswa bersangkutan tidak sesuai dengan standar atau target yang ditentukan Magister Ilmu Komputer FILKOM UB, maka akan diberikan sanksi. Disampaikan oleh Fitri Utaminingrum bahwa sanksi tersebut dapat berupa penurunan nominal beasiswa, pemberhentian beasiswa hingga pengembalian nilai beasiswa yang sudah diberikan pada mahasiswa bersangkutan kepada FILKOM.
“Meski hanya sebagian kecil tapi sanksi ini sudah pernah diberikan pada mahasiswa Magister Ilmu Komputer penerima beasiswa RISET dari angkatan sebelumnya. Karena itu kalian harus berhati-hati dan menjalankan amanah dan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ungkap Fitri.

Pada kesempatan tersebut penandatangan perjanjian beasiswa RISET dilakukan secara simbolis oleh salah satu perwakilan mahasiswa dengan dekan FILKOM. Untuk diketahui pada semester ganjil TA 2016/2017 Magister Ilmu Komputer menerima sejumlah 27 orang mahasiswa termasuk diantaranya adalah tujuh mahasiswa penerima beasiswa RISET. Seluruh mahasiswa baru tersebut diterima dengan syarat harus mengikuti perkuliahan matrikulasi terlebih dahulu untuk memantapkan dasar pengetahuan mahasiswa agar lebih siap mengikuti perkuliahan reguler Magister Ilmu Komputer yang dimulai pada 13 September 2016 mendatang. [dna]

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo