Lima Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Ikut Serta dalam IWBDA 2016

14:42

Lima Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Ikut Serta dalam IWBDA 2016

Lima mahasiswa Magister Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) telah mempublikasikan jurnalnya dalam ajang The International Workshop on Big Data Analytics 2016 (IWBDA 2016) di Johor Bahru Malaysia (23 – 24/08/2016). Mereka adalah Gayatri Dwi Santika, Nadia Roosmalitasari, Nurizal Dwi P., Anggi Gustining H. dan Fais Alhuda. Mengangkat tema “Towards N-Dimensional Data Science for Information Economy” IWBDA 2016 bekerja sama dengan UTM Big Data Centre dibawah naungan Ibnu Sina Institute for Scientific dan Industrial Research of Universiti Teknologi Malaysia. Sebagai hasil akhir dari kegiatan workshop ini diterbitkan sebuah jurnal Internasional yang terindeks Scopus.

Kelima mahasiswa Magister Ilmu Komputer yang turut serta dalam IWBDA 2016 berasal dari grup riset yang berbeda. Di bawah bimbingan Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, MT, Ph.D, Gayatri tergabung dalam Grup Riset Sistem Cerdas mengangkat jurnal hasil penelitian dengan judul "Electrical Load Forecasting using Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System". Penelitian tersebut bertujuan untuk mencari tingkat akurasi yang optimal pada peramalan beban listrik dengan menggunakan metode ANFIS dibandingkan dengan berbagai metode tradisional lainnya. Hal ini dilakukan karena peramalan merupakan hal yang sangat krusial untuk menentukan pengadaan listrik yang dikonsumsi masyarakat dikemudian hari. Hal ini perlu untuk menghindari hal negatif seperti kerugian negara akibat pemadaman listrik karena kesalahan pengolahan daya listrik oleh perusahaan listrik.

Nadia Roosmalita yang juga tergabung dalam Grup Riset Sistem Cerdas mengangkat jurnal dari hasil penelitiannya yang berjudul “Backpropagation on Neural Network for Inflation Rate Forecasting in Indonesia”. Hampir serupa dengan Gayatri, Nadia menggunakan Backpropagation untuk memprediksi laju inflasi di Indonesia dengan akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil prediksi dapat digunakan oleh masyarakat secara luas, misalkan bagi investor, hasil prediksi ini dapat dijadikan sebagai indikator untuk penentuan strategi penanaman saham. Selain itu, hasil prediksi inflasi dapat digunakan oleh pemerintah untuk menyiapkan kebijakan agar laju inflasi selalu dalam keadaan stabil.

Anggi Gustining Hapsani mengangkat penelitian“Optical Character Recognition on English Comic Digital Data for Automated Translation Language”. Proses penerjemahan manual yang selama ini digunakan membutuhkan waktu yang lama sehingga terjadi perbedaan waktu yang panjang antara waktu rilis komik original (berbahasa inggris) dengan komik terjemahan. Oleh karena itu penelitian ini memberikan solusi dengan membangun sebuah sistem penerjemah terhadap teks komik secara otomatis.

Fais Alhuda mengangkat judul “Human Activity Recognition using Single Accelerometer on Smartphone for Head Mounted Display”. Kepopuleran teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality terutama pada game membutuhkan sebuah controller yang dapat berinteraksi dengan dunia virtual. Penelitian ini berfokus pada pengenalan aktivitas yang sering digunakan pada game sehingga sistem hasil penelitian dapat dipergunakan sebagai AR VR game controller berdasarkan aktivitas yang dikenali.

Sementara itu Nurizal Dwi P. menghasilkan tiga penelitian yaitu: 1) “Design and Implementation of Mobile-Based Application for Malang City Public Transportation Route Search”. Jurnal ini mengusung algoritma pencarian jalur Angkot menggunakan metode modifikasi path planning dan haversine yang diterapkan pada sebuah aplikasi mobileMetode modified path planning digunakan untuk menemukan jalur angkutan untuk menuju tempat tujuan dengan memperhatikan kemungkinan transit angkutan lain tanpa membatasi jumlah transitnya. (2) “Evaluation of Malang City Public Transportation Route Search Mobile Application Implementation”. Jurnal ini menyajikan evaluasi terhadap aplikasi yang telah dibangun pada jurnal sebelumnya. Pengukuran akan dilakukan dengan cara melakukan interview dan questionnaire dissemination terhadap pengguna angkutan kota. Setelah melakukan interview dan questionnaire dissemination, analisis deskriptif dilakukan guna mendapatkan hasil kesimpulan kepuasan pengguna terhadap aplikasi. (3) “Real Time Advanced Head Movement Recognition for Application Controller Based On Android Internal Gyroscope Sensor”. Jurnal ini menyajikan metode pengenalan pergerakan kepala pada Smartphone berbasis Android menggunakan sensor gyroscope. Pergerakan kepala yang dikenali kemudian akan digunakan sebagai pengontrol aplikasi. Kontribusi penelitian ini berfokus pada pergerakan kepala sebagai cara baru untuk pendekatan Human-Computer Interaction (HCI) pada smartphone berbasis Android. Pendekatan HCI ini ditujukan terutama sebagai Assistive technology.

Kelima mahasiswa Magister Ilmu Komputer tersebut mengaku senang dan berterima kasih pada FILKOM yang telah mendukung penuh dan memfasilitasi keikutsertaan mereka. Ditambahkan oleh Gayatri bahwa menjadi kebanggan tersendiri bahwa dirinya dapat mempresentasikan penelitiannya pada ajang bertaraf Internasional.
"Kami berlima sangat senang dan bersyukur dapat mengikuti acara IWBDA2016 di Johor Bahru Malaysia. Kami berharap dapat mengikuti acara serupa yang lebih bergengsi lagi," ungkap Gayatri.

IWBDA 2016 mengangkat tema “Towards N-Dimensional Data Science for Information Economy” bekerja sama dengan UTM Big Data Centre dibawah naungan Ibnu Sina Institute for Scientific dan Industrial Research of Universiti Teknologi Malaysia. Kegiatan workshop ini sebagai hasil akhirnya menghasilkan sebuah jurnal Internasional yang terindeks Scopus. [gayatri/dna]

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo