Kepala Grup Riset MGM FILKOM UB Hadiri Undangan Kunjungan Lab CAVR NTU Singapura

10:08

Kepala Grup Riset MGM FILKOM UB Hadiri Undangan Kunjungan Lab CAVR NTU Singapura

Kepala Grup Riset Media, Game, and Mobile Technologies (MGM), Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. mendapatkan undangan dan kesempatan untuk menghadiri serta mengunjungi Laboratorium Centre for Augmented and Virtual Reality (CAVR) di School of Computer and Engineering, Nanyang Technological University (NTU), Jurong, Singapore pada Selasa (9/4/2019). Surat undangan resmi tersebut dikirimkan pada tanggal 19 Maret 2019 yang ditandatangani secara langsung oleh Profesor Seah Hock Soon selaku Director of CAVR NTU.  CAVR NTU merupakan salah satu pusat penelitian dan pengembangan khusus bidang Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Mixed Reality (MR).

Dr. Eng. Herman Tolle dalam kunjungan ini hadir bersama salah satu mahasiswa S2 anggota grup riset MGM Aulia Akhrian Syahidi yang juga mendapatkan undangan yang sama dikarenakan memiliki ranah penelitian tentang Augmented Reality yang telah terpublikasi. Keduanya secara resmi disambut oleh Mr. Amran Mohamed, Ph.D. selaku Manager of CAVR NTU sekaligus Direktur Penelitian dan Pengembangan EON Reality. Kegiatan kunjungan ini diisi dengan diskusi, kemudian pengenalan tata kelola CAVR NTU, pengenalan teknologi terkini CAVR NTU, peluang kolaborasi riset, serta kerjasama antar universitas.  Kunjungan ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk melihat dan menggunakan secara langsung teknologi terkini yang dimiliki oleh CAVR NTU serta mengetahui pengelolaan laboratoriumnya.

02_Diskusi_pengembangan_CAVRAdapun fasilitas yang dimiliki oleh CAVR NTU meliputi Artificial I (Glassless 3D Stereoscopic TV), Concave, HMD Set (HTC Vive), Idome Mobile, Ibench, Ibench Mobile, Icube, Icube Mobile, Interactive Mirror, AR Glass (ODG), MR Glass (Microsoft Hololens), dan Creator AVR (Tablet/Mobile). Selain itu terdapat pula berbagai macam studio untuk mengembangkan aplikasi AVR, dimana CAVR NTU bekerjasama secara langsung dengan EON Reality. Sehingga percepatan dalam pengembangan CAVR sangat bagus. EON Reality adalah perusahaan ternama bidang Virtual and Augmented Reality yang berkantor pusat di California.

“Dari kunjungan ini selain bisa melihat langsung teknologi AVR, juga sebagai inisiasi kerjasama baik dengan NTU Singapore dan juga EON Reality. Harapannya kedepan akan bisa dilakukan kolaborasi atau kerjasama lebih lanjut untuk mengembangkan teknologi AVR di Indonesia, khususnya untuk pengembangan laboratorium MGM yang dimiliki oleh FILKOM UB,” jelas Herman.

03_Herman_Tolle_dan_Amran_MohamedDari kunjungan tersebut diketahui bahwa CAVR NTU memiliki beberapa program dalam rangka untuk mengembangkan dan mendorong generasi berkompeten di bidang AVR. Dimana CAVR memberikan pelatihan dalam penelitian dan pengembangan AVR dan memfasilitasi mata kuliah Game Design untuk School of Computer and Engineering di NTU. Tidak hanya itu CAVR juga melibatkan mahasiswa magang untuk bekerja dengan para peneliti dan insinyur dari industri dan NTU pada proyek-proyek R&D AVR. Dengan demikian mahasiswa lebih memahami teori tentang AVR melalui pengalaman implementasi langsung dalam proyek riil.

“Jadi CAVR ini berada di bawah NTU langsung. Salah satunya fungsinya adalah untuk mendukung proses pembelajaran di fakultas-fakultas yang ada di NTU. Antara lain dengan mempersiapkan teknologi AVR yang dibutuhkan di masing-masing fakultas,” jelas Herman.

Perkembangan teknologi AR, VR, dan MR sangatlah cepat serta terus mengalami peningkatan dalam pengaplikasiannya. Bukan hanya untuk bidang hiburan semata, kini AVR juga banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan, kesehatan dan militer. Mengingat luasnya kesempatan berkarir di bidang AVR, harapannya FILKOM dapat terus mengembangkan fasilitas, teknologi serta teknik pembelajaran yang lebih baik demi terciptanya lulusan yang berkompeten di bidang AVR. [akhrian/dna]

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo