FILKOM Seleksi Calon Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Semester Genap TA. 2015/2016

10:28

FILKOM Seleksi Calon Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Semester Genap TA. 2015/2016

Kembali membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru program Magister Ilmu Komputer/ Informatika (S2) pada semester genap TA. 2015/2016 ini Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) Universitas Brawijaya kembali menggelar seleksi bagi para calon mahasiswa baru (20/1/2015). Dari total 24 calon mahasiswa yang mendaftar online, tercatat 22 orang peserta yang hadir untuk mengikuti seleksi.

Seleksi yang diberlakukan pada penerimaan mahasiswa baru program Magister Ilmu Komputer/ Informatika  terdiri atas dua tahapan tes, yaitu tes tulis dan wawancara. Keduanya diselenggarakan dalam satu rangkaian tes dalam satu hari. Pada tes tulis calon mahasiswa harus mengerjakan soal pilihan ganda yang terdiri atas berbagai pertanyaan terkait bidang (1) Sistem Operasi, (2) Matematika Komputasi, (3) Algoritma dan Pemrograman serta (4) Basis Data. Tes tersebut ditujukan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman para calon mahasiswa tentang beberapa materi dasar sebagai bekal studi lanjutnya di program magister. Sementara itu tes wawancara bagi calon mahasiswa baru ditujukan untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar calon mahasiswa, bagaimana kemampuan bahasa Inggris, komunikasi, kemampuan team work, pengalaman penelitian serta rencana penelitiannya yang akan digunakan sebagai tesis.

02_tes_wawancara_calon_mahasiswa_Magister_Ilmu_Komputer_FILKOM_UBDari 22 calon mahasiswa tersebut 8 orang diantaranya mengajukan pendaftaran untuk beasiswa RISET yang memang ditawarkan oleh program Magister Ilmu Komputer/Informatika. Tidak berbeda dari periode sebelumnya beasiswa RISET yang ditawarkan pada periode ini juga terdiri atas 4 skema beasiswa. Pertama adalah beasiswa Platinum yang memberikan pembebasan biaya SPP sebesar 100%. Kedua adalah beasiswa Diamond yang memberikan pembebasan biaya SPP sebesar 75 %. Ketiga adalah beasiswa Gold yang memberikan pembebasan biaya SPP sebesar 50 %. Keempat adalah beasiswa Silver yang memberikan pembebasan biaya SPP sebesar 25%. Selain bagi calon mahasiswa yang telah mengajukan permohonan beasiswa sebelumnya, beasiswa RISET ini juga tidak menutupkan kemungkinan dapat juga diberikan bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan pengajuan namun memiliki total hasil tes tulis dan wawancara yang sangat baik.

Nama penerima beasiswa RISET akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman mahasiswa baru Magister Ilmu Komputer/Informatika yang diterima pada Semester Genap TA. 2015/2016. Pengumuman tersebut dapat dilihat pada official website Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB mcs.filkom.ub.ac.id. [dna]

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo