Alumni Magister Ilmu Komputer UB Berbagi Tips Dapatkan MEXT Scholarship dan Jalani Ph.D. Life di Jepang

16:40

Alumni Magister Ilmu Komputer UB Berbagi Tips Dapatkan MEXT Scholarship dan Jalani Ph.D. Life di Jepang

Alumni Magister Ilmu Komputer (MILKOM) FILKOM UB berbagi tips tentang cara mendapatkan MEXT Scholarship (Beasiswa Monbukagakusho) dan bagaimana menjalani kehidupan sebagai mahasiswa doktoral asal Indonesia di Jepang. Hal ini dilakukan dalam kegiatan seminar online bertajuk “MEXT Scholarship Hacks and Ph.D. Life in Japan” pada Sabtu (11/7/2020) melalui aplikasi zoom meeting.

01_sambutan_oleh_Ketua_Program_MILKOM_UBGusti Ahmad Fanshuri Alfarisy, alumni MILKOM UB sekaligus salah satu panitia penyelenggara menyampaikan bahwa awal mula ide diselenggarakannya acara ini dari temu kangen alumni MILKOM UB di whatsapp group. Dari diskusi tersebut, tercentuslah ide salah satu alumni untuk mengadakan web seminar/ seminar online, mengingat selama ini belum ada kegiatan alumni MILKOM UB yang langsung menyentuh masyarakat. Akhirnya untuk merealisasikan ide tersebut dibuatlah panitia kecil beranggotakan lima orang alumni MILKOM UB angkatan tiga yang terdiri dari Gusti Ahmad Fanshuri Alfarisy, Andi Maulidinnawati A.K.P, Rizdania, Titis Sari Putri dan Renaldi Primaswara.

“Pada saat itu, teman-teman MILKOM angkatan tiga meminta mbak Tirana Noor Fatyanosa untuk menjadi pemateri dan mbak Tira merespon positif hal tersebut. Akhirnya dengan alat seadanya dan waktu yang serba dadakan, kami langsung membentuk panitia kecil. Alhamdulillah, tim inti ini sangat kompak dan melengkapi satu sama lain. Bergerak cepat walaupun dengan kesibukan masing-masing. Sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik,” ujar Gusti.

01_profil_pemateri_1Acara ini berhasil menarik perhatian sekitar 500 peserta untuk mendaftar. Namun karena adanya pembatasan jumlah peserta dari aplikasi zoom maka hanya sekitar 180 peserta pertama yang bergabung yang dapat mengikuti acara ini. Peserta yang mendaftar sangat beragam dengan domisili dari Sabang hingga Merauke. Sebagian besar berprofesi sebagai dosen dan mahasiswa dari berbagai macam universitas, tapi ada juga yang merupakan karyawan serta guru.

“Harapan kami acara ini bisa menjadi awal untuk menyatukan alumni MILKOM UB dalam bergerak memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Kedepannya juga bisa menjadi wadah untuk menyentuh para alumni dan menjadi pengingat bahwa perjuangan bersama yang kami rasakan saat belajar di FILKOM UB masih bisa dirajut kembali. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, kita juga dapat menyatu mengadakan acara, bahkan sangat mungkin untuk meneruskan kolaborasi riset yang dulu pernah dilakukan walaupun jarak memisahkan,” jelas Gusti.

01_sesi_2Dalam acara tersebut dua pembicara yang dipercaya sebagai narasumber adalah penerima MEXT Scholarship U to U untuk studi program doktoral di Kumamoto University. Pembicara pertama adalah Tirana Noor Fatyanosa alumni MILKOM UB yang lulus program magister dengan menghasilkan 10 publikasi ilmiah dalam waktu ,5 tahun. Pembicara kedua adalah Nur Laila Hamidah alumni ITS dan National Taiwan University of Science and Tech. Tirana pada sesi pertama menyampaikan informasi tentang MEXT Scholarship Hacks yang terdiri atas penjelasan tentang definisi MEXT, jenis beasiswa MEXT dan perbedaannya, step by step MEXT University Recommendation serta berbagai biaya yang harus dikeluarkan untuk persiapan pengajuan beasiswa MEXT hingga biaya awal jika diterima pengajuannya. Sementara itu Nur Laila pada sesi kedua menyampaikan informasi tentang Ph.D. Life di Jepang yang terdiri atas penjelasan tentang alasan memilih studi lanjut ke Jepang, persiapan yang harus dilakukan sebelum studi lanjut di Jepang, study life serta informasi tentang child adaptation karena dirinya membawa keluarga termasuk anak saat studi. [dna]

Rekaman kegiatan untuk diakses dan diunduh:

Video: https://youtu.be/6DO4LpXLUZs
Ppt materi sesi 1: https://bit.ly/mexthacks
 

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo