12 Paper Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Dipublikasikan di Dua Konferensi Internasional

16:31

12 Paper Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Dipublikasikan di Dua Konferensi Internasional

Dua belas mahasiswa Magister Ilmu Komputer yang tergabung dalam beberapa grup riset berbeda di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) telah mempresentasikan hasil penelitiannya pada konferensi internasional di Bandung pada 23-25 November 2016. Kedua belas mahasiswa Magister Ilmu Komputer tersebut adalah Vivi Nur Wijayaningrum, Tirana Noor Fatyanosa, Asyrofa Rahmi, Gayatri Dwi Santika, Ida Wahyuni, dan Faddli Lindra Wibowo, Mayang Anglingsari Putri, Vivin Ayu Lestari, dan Dwi Cahya Astriya Nugraha, Puspa Miladin Nuraida Safitri A. Basid, Prayudi Lestyanto dan Fifin Ayu Mufarroha. Lebih membanggakan lagi, paper milik Fifin Ayu Mufarroha mendapat penghargaan sebagai paper terbaik.  

Terdapat dua konferensi yang diikuti meliputi International Conference on Informatics, Robotics, Networks, Control and Systems (IRONCONS) dan International Conference on Industrial Internet of Things (ICIIOT), yang diadakan oleh Technology, Informatics, Management, and Engineering Research Support (TIMERS) Indonesia. Keluaran dari kedua konferensi internasional tersebut adalah publikasi pada jurnal internasional terindeks SCOPUS. Jurnal yang diikutsertakan dalam kegiatan IRONCONS akan dipublikasikan pada International Journal of Intelligent Engineering and Systems (IJIES). Sedangkan jurnal yang diikutsertakan dalam kegiatan ICIIOT akan dipublikasikan pada Internetworking Indonesia Journal (IIJ).

02_Fifin_Ayu_saat_menerima_penghargaan_Garuda_Best_PaperUntuk diketahui Magister Ilmu Komputer FILKOM UB memang dirancang memiliki atmosfer yang berbeda dengan magister yang ada lainnya. Pada proses perkuliahan di Program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB mahasiswa akan didorong untuk mengerjakan project dengan hasil akhir berupa publikasi jurnal ilmiah. Untuk mendukung sistem tersebut FILKOM telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang publikasi ilmiah mahasiswa program magister. Bagi mahasiswa yang masih tercatat sebagai mahasiswa Program Magister Ilmu Komputer FILKOM, maka mahasiswa tersebut akan diakomodir dalam pembiayaan publikasi ilmiahnya baik level nasional maupun internasional. Selain itu untuk membiasakan dan memberikan mahasiswa pengalaman merasakan atmosfer penelitian di tingkat internasional, maka FILKOM juga menyediakan satu kali kesempatan per mahasiswa untuk pembiayaan keikutsertaan pada konferensi internasional di wilayah Asia Tenggara.

Sebagai tambahan informasi, pada tahun 2017 rencananya IRONCONS dan ICIIOT akan diselenggarakan kembali di Bali pada tanggal 23-25 Agustus 2017. Informasi mengenai pendaftaran atau pengumpulan naskah dapat diakses melalui ironcons.org dan iciiot.com. [vivi/dna]

Berikut adalah daftar paper hasil penelitian 12 mahasiswa Magister Ilmu Komputer FILKOM UB yang diikutsertakan dalam IRONCONS dan ICIIOT 2016:

No

Mahasiswa

Dosen Pembimbing

Judul Penelitian

Keterangan

1

Vivi Nur Wijayaningrum

Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D

“Fodder Composition Optimization Using Modified Genetic Algorithm”

Membahas mengenai penentuan komposisi pakan ternak menggunakan modifikasi algoritma genetika yang bertujuan untuk meminimalkan total biaya bahan pakan dan memaksimalkan kebutuhan zat makanan yang diperlukan oleh ternak

2

Tirana Noor Fatyanosa

Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D

“Modified Evolution Strategies for Beef Cattle Feed Optimization”

Penelitian ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang terjadi pada saat menentukan komposisi pakan yang dapat menyebabkan peningkatan biaya pakan dan hasil penggemukan sapi menjadi kurang optimal

3

Asyrofa Rahmi

Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D

“Genetic Algorithms for Optimization of Multi-Level Product Distribution”

Penelitian ini dilakukan untuk meminimalkan biaya pada saat proses distribusi sehingga perusahaan dapat meningkatkan keuntungannya

4

Gayatri Dwi Santika

Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D

“Neural Network Training Using Hybrid Genetic Algorithms and Backpropagation for Electricity Consumption Forecasting”

Penelitian mengenai prediksi beban listrik ini bertujuan agar pemerintah dapat menentukan pengadaan listrik yang dikonsumsi masyarakat sehingga kerugian negara akibat pemadaman listrik dapat dikurangi

5

Ida Wahyuni

Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D

“Rainfall Prediction in Tengger Indonesia: A System Dynamics Approach”

Penelitian ini mengenai prediksi curah hujan di Indonesia, khususnya di wilayah Tengger

6

Faddli Lindra Wibowo

Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D

“Design and Implementation of Automatic Weather Station Using MTQQ Protocol”

Penelitian ini merupakan pembuatan sebuah Automatic Weather Station (AWS) yang mampu mengirimkan data cuaca dari hasil pengukuran otomatis dengan menggunakan teknologi protokol Message Queuing Telemetry Transport (MQTT)

7

Mayang Anglingsari Putri

Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D.

“Audit of Information Technology Governance Using COBIT 4.1: Case Study in PT. XY”

Membahas mengenai proses audit tata kelola teknologi informasi berdasarkan domain yang terdapat pada kerangka kerja COBIT 4.1. Penelitian ini juga memberikan prosedur untuk melakukan evaluasi terhadap tata kelola teknologi informasi di dalam sebuah perusahaan.

8

Vivin Ayu Lestari

Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D.

“Usability Evaluation of E-Government: A Case Study of E-Finance”

Penelitian ini mengenai evaluasi usability yang bertujuan untuk mengukur tingkat usability pada website e-government berdasarkan aspek efektivitas, efisiensi, kepuasan dan kemudahan penggunaan.

9

Dwi Cahya Astriya Nugraha

Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D.

“A Business Architecture Modeling Methodology to Support the Integration of Primary Health Care: Implementation of Primary Health Care in Indonesia”

Hasil penelitian ini menawarkan sebuah metodologi untuk memfasilitasi pemodelan arsitektur bisnis pada pelayanan kesehatan primer di Indonesia.

10

Puspa Miladin Nuraida Safitri A. Basid

Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T,

“Tourism Information by Social Crowdsource Based on Geotagging”

Penelitian ini mengusulkan sebuah solusi untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan keindahan alam dengan adanya peran dari masyarakat lokal, Crowdsource. Foto berupa budaya atau keindahan alam yang dibagikan oleh masyarakat akan diunggah bersamaan informasi lokasi dengan menggunakan fitur geotagging.

11

Prayudi Lestyanto

Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si., M.Sc.

“Geospatial Analysis and Current Data for the Suitability of Apple Plantation Based on Fuzzy Inference System”

Penelitian ini membahas mengenai analisis lahan tanam apel karena apel merupakan salah satu jenis buah impor bernilai tinggi. Sebuah sistem dibangun untuk dapat melakukan analisis geospasial menggunakan sistem inferensi fuzzy.

12

Fifin Ayu Mufarroha

Fitri Utaminingrum, Dr. Eng., S.T, M.T

“The Greates Points in Hand Gesture Recognition for American Sign Language”

Membahas mengenai pengenalan bahasa isyarat pada American Sign Language (ASL) dengan membentuk beberapa kelompok bahasa isyarat berdasarkan kemiripan gerakan tangan. Penelitian ini terpilih sebagai paper terbaik IRONCONS dan mendapatkan penghargaan GARUDA Best Paper Prize.

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo