Indeks Kepuasan Masyarakat

Hasil Tahun 2019

Hasil IKM/Pengguna Jasa tahun 2019

Pelayanan publik kepada mahasiswa, stakeholder dan masyarakat umum pengguna jasa layanan di Universitas Brawijaya (UB) sampai saat ini sudah berjalan lancar, akan tetapi masih belum sepenuhnya memenuhi kualitas atau kepuasan yang diharapkan pengguna jasa. Maka dari itu diperlukan pengukuran tingkat keberhasilan layanan berupa survey kepuasan masyarakat (SKM) / Evaluasi kepuasan pengguna jasa Universitas Brawijaya. Pada tahun 2019 UB menggunakan cara dalam survey ini yaitu melalui Google Form dengan harapan untuk untuk lebih mudah dan efisien.

Survey tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan data dukung Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), sistem manajemen ISO 9001:2008, dan evaluasi perbaikan layanan UB, dan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di UB.

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa UB) dilaksanakan secara berkala 1 kali dalam setahun (dilaksanakan akhir tahun) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kinerja layanan di UB sebagai bahan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik pada tahun berikutnya dan seterusnya. Sebagai sasaran Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa) UB pada tahun 2019 adalah mahasiswa, dosen, karyawan, alumni, dan pihak luar UB di lingkungan UB dengan melibatkan sebanyak total 1.845 responden dengan waktu pelaksanaan survey antara tanggal 20 November – 31 Desember 2019. Berikut ini kami sampaikan beberapa hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa UB) tahun 2019.

1. Grafik Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB Tahun 2019

01_grafik_nilai_UKM

2. Proporsi Responden survei kepuasan pengguna jasa UB

02_proporsi_survey_kepuasan

3. Grafik Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) dari per jenis responden UB Tahun 2019

03_grafik_nilai_IKM_2019

4. Perkembangan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB dari tahun 2015-2019

04_perkembangan_ikm

 

*Laporan SKM UB Tahun 2019 dapat diunduh di tautan berikut (unduh di sini

 

 

 

 


Share