Mahasiswa Magister Ilmu Komputer FILKOM UB, Juara III Lomba Penelitian Transportasi Kemenhub Regional V

15:20

Mahasiswa Magister Ilmu Komputer FILKOM UB, Juara III Lomba Penelitian Transportasi Kemenhub Regional V

Mayang Anglingsari Putri, Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang aktif sebagai anggota Grup Riset Sistem Informasi menorehkan prestasi sebagai Juara III pada Lomba Penelitian Transportasi Nasional 2016 Kualifikasi pendidikan S2 - S3 yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, seleksi regional V. Wilayah regional V terdiri atas wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Tema yang diangkat oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan pada lomba tersebut adalah “Melalui Inovasi Teknologi Kita Tingkatkan Keselamatan dan Pelayanan Penerbangan”. Tujuannya adalah untuk mengatasi permasalahan keamanan dan keselamatan penerbangan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat.

Seleksi final regional Surabaya kompetisi dilaksanakan Kamis (8/9/2016) di kampus ITS, Surabaya. Pada kesempatan tersebut Mayang membawakan karya tulis dengan judul “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Airplane Berbasis Augmented Reality Menggunakan Motion Sensor Kinect”. Karya tulis Mayang tersebut adalah perpaduan software berupa Aplikasi Aplikasi Informasi Pelayanan Keselamatan Penerbangan (AIRPLANE) berbasis android dengan hardware Kinect. Teknologi Kinect dapat mendeteksi setiap gerakan tubuh manusia, sehingga pengguna dapat melakukan simulasi keselamatan pada penerbangan dengan baik dan juga menggunakan teknologi Augmented Reality yang dimainkan dengan mendeteksi body gesture dari pengguna.

Perjalanan Mayang untuk bisa menjadi Juara III pada Lomba Penelitian Transportasi Nasional 2016 tidaklah mudah. Agar dapat menjadi finalis di tingkat regional, dirinya harus melewati beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pengumpulan naskah melalui website lombalitbanghub.dephub.go.id. Seluruh naskah yang masuk kemudian diseleksi oleh tim tingkat regional untuk menentukan enam pemenang naskah terbaik. Keenam naskah tersebut terdiri dari tiga pemenang kategori SLTA s/d S1 dan tiga pemenang kategori S2 s/d S3. Tim penilai dari seleksi regional V terdiri atas 4 ahli di bidang Regulator, Akademis, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Operator Transportasi. Dari hasil seleksi final regional V tersebut diputuskan bahwa Mayang Anglingsari Putri berhasil menduduki peringkat ketiga pada Kualifikasi pendidikan S2 s.d. S3. 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo