Sistem Cerdas

Sistem Cerdas merupakan bagian dari bidang Ilmu Komputer/Informatika dan Rekayasa Cerdas untuk pengembangan berbagai metode berkemampuan tinggi yang diilhami oleh fenomena alam untuk menyelesaikan berbagai masalah kompleks di dunia nyata. Masalah-masalah kompleks tersebut juga bisa  berkaitan dengan pengolahan big data dan perancangan embedded systems.

Bidang minat Sistem Cerdas (SC) mempersiapkan mahasiswa Program Magister (S2) Ilmu Komputer/Informatika Universitas Brawijaya untuk mampu menjawab kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional di bidang sistem cerdas yang mampu menghasilkan sistem dan perangkat lunak berbasis algoritma cerdas, baik inter maupun multi disipliner, dengan kemampuan analisis dan teknis sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Lulusan program magister dengan bidang minat Sistem Cerdas diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Mampu mengembangkan algoritma cerdas dan soft-computing untuk menyelesaikan permasalahan melalui pendekatan ilmiah, baik secara inter maupun multi disipliner;
  2. Mampu mengimplementasikan algoritma cerdas untuk membangun embedded systems;
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang memiliki kontribusi bagi keilmuan di bidang sistem cerdas dan masyarakat luas, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan/atau internasional.
  4. Mampu  mengembangkan strategi pengambilan keputusan dan model matematis untuk permasalahan kompleks;

Lulusan program magister bidang minat Sistem Cerdas memiliki peluang yang besar sebagai Intelligent Systems Lecturer/Researcher, Intelligent Systems Consultant, Intelligent Systems Developer dan Intelligent Systems Specialist, pada berbagai sektor baik pendidikan tinggi, lembaga riset, pemerintahan, industri TI maupun industri lain di bidang keteknikan, layanan kesehatan, transportasi, pertambangan, dll.

Selain itu, para lulusan magister juga memiliki kualifikasi untuk melanjutkan risetnya pada jenjang pendidikan doktor (S3) pada bidang Ilmu Komputer/Informatika dengan spesialisasi di bidang Sistem Cerdas.