Frequently Asked Questions

Berikut adalah tanggapan atas beberapa pertanyaan tentang Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika PTIIK UB yang berhasil dikelompokkan, antara lain:

Ya, sudah. Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika Universitas Brawijaya dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 595/E/O/2014 tertanggal 17 Oktober 2014.

Secara umum Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB terbuka bagi para lulusan sarjana dengan berbagai latar belakang ilmu. Selama calon pendaftar memenuhi persyaratan yang ditentukan dan lulus ujian seleksi yang terdiri atas tes bidang dan wawancara, maka pendaftar berhak untuk mengikuti perkuliahan magister ini. Sekalipun demikian, kami juga menyediakan program matrikulasi untuk mengantisipasi beragamnya latar belakang keilmuan dan tidak lulusnya calon mahasiswa baru dengan skala tertentu. Program matrikulasi akan diberikan selektif untuk sejumlah mata kuliah yang dibutuhkan, dengan tujuan memberikan pengetahuan teknis awal tentang keilmuan Ilmu Komputer/Informatika yang sangat dibutuhkan untuk mengikuti perkuliahan-perkuliahan magister nantinya.

Selain form pendaftaran yang harus diisi dengan informasi yang valid, beberapa dokumen berikut harus disertakan untuk dapat mendaftar: fotokopi ijazah dan transkrip sarjana yang dilegalisir, fotokopi sertifikat ITP-TOEFL yang masih valid, fotokopi sertifikat TPA (OTO BAPPENAS) yang masih valid, pasfoto warna terbaru, sinopsis riset, surat kesanggupan untuk menyelesaikan program magister berikut segala kewajibannya. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada menu Persyaratan Pendaftaran.

Ya, bisa. Calon mahasiswa baru Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika tidak perlu datang langsung ke kampus untuk bisa melakukan pendaftaran. Calon mahasiswa baru dapat melunasi biaya pendaftaran pada setiap kantor Bank Mandiri setempat maupun melakukan pembayaran via ATM/internet banking. Selanjutnya, calon mahasiswa baru dapat melakukan pendaftaran online melalui situs resmi seleksi masuk mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika Universitas Brawijaya http://selma.ub.ac.id/, dengan memasukkan PIN dan nomor pendaftaran yang diperoleh setelah membayar biaya pendaftaran.

Ya, dapat. Calon mahasiswa baru program magister ini dapat mendaftarkan diri baik pada semester ganjil maupun genap setiap tahunnya. Pendaftaran dan seleksi untuk awal perkuliahan pada Semester Ganjil biasanya dibuka pada bulan Juni/Juli, sedangkan untuk yang Semester Genap biasanya dibuka pada bulan Desember/Januari.

Saat ini terdapat 4 (empat) bidang minat yang ditawarkan: Sisterm Cerdas (Intelligent Systems), Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering), Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak (Media, Game and Mobile Technologies) dan Jaringan Berbasis Informasi (Information-Centric Networking). Masing-masing bidang minat baru dapat dipilih oleh mahasiswa pada saat memasuki semester kedua.

Beasiswa RISET (Research Intensification for Sustainable Education and Training) FILKOM UB terbuka bagi seluruh lulusan sarjana yang berminat untuk meneruskan studi pada Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB. Bagi yang berminat mendaftarkan diri, mereka akan diseleksi melalui tes wawancara dengan mempertimbangkan kualitas akademik dari para kandidat yang telah lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB. Sebagaimana tujuan diadakannya beasiswa ini, Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB mengundang para lulusan sarjana yang cerdas, berkualitas dan menyukai tantangan untuk berkembang bersama dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dan publikasi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa di tingkat internasional .

Besarnya beasiswa yang diberikan bagi para calon penerima beasiswa RISET FILKOM UB terbagi ke dalam 4 kategori: Platinum, Diamond, Gold dan Silver. Masing-masing kategori memiliki besaran beasiswa yang berbeda dalam bentuk pembebasan SPP per semester selama maksimal 4 (empat) semester. Para calon penerima yang terseleksi bebas memilih dari keempat kategori tersebut dengan mempertimbangkan kemampuan dirinya di dalam menjalankan konsekuensi publikasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh FILKOM UB. Panitia Seleksi Beasiswa RISET FILKOM UB akan membantu mengarahkan para calon penerima pada saat dilakukan tes wawancara dengan mempertimbangkan kemampuan akademik calon.

Secara umum, lama studi program magister ini adalah 4 (empat) semester. Masa studi tersebut bisa menjadi lebih singkat/lama tergantung dari prestasi masing-masing mahasiswa. Namun demikian, rentang masa studi dimungkinkan antara 1,5 (satu koma lima) hingga 4 (empat) tahun.

Dapat. Calon mahasiswa baru program magister ini dapat melakukan transfer kredit dari beberapa mata kuliah yang pernah ditempuh pada program magister sejenis di perguruan tinggi lainnya untuk selanjutnya menyelesaikan program magisternya di Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB. Mekanisme transfer kredit ini akan ditentukan secara tersendiri oleh Panitia Seleksi Mahasiswa Baru (Panselmaba), Program Studi Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM UB.