Visi, Misi dan Tujuan

Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Sistem Informasi

VISI 

Pada tahun 2024, menjadi Program Studi yang unggul dengan reputasi internasional dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi yang mengintegrasikan solusi teknologi dan organisasi, serta berperan aktif mendukung pembangunan bangsa melalui integrasi Tri Darma Perguruan Tinggi  

MISI 

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana berstandar internasional dalam bidang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompetitif, berkepribadian luhur serta memiliki jiwa dan/atau kemampuan entrepreneurship.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif, berkualitas dan kontributif dalam bidang Sistem Informasi, khususnya dalam bidang Pengembangan Sistem Informasi (SI), Manajemen dan Tata Kelola SI, serta Geoinformatika.
  3. Memberikan kontribusi bagi masyarakat (dalam kegiatan pengabdian) secara berkelanjutan untuk menerapkan hasil-hasil penelitian di bidang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi yang berkearifan lokal dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk saling bersinergi dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi. 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana yang kompeten, berkualitas, dan mampu bersaing dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi serta memiliki jiwa entrepreneurship.
  2. Menghasilkan karya penelitian-penelitian yang inovatif, berkualitas dan bermanfaat sehingga mampu memberikan konstribusi dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi.
  3. Mengaplikasikan karya dalam bidang Sistem Informasi yang bermanfaat kepada masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.
  4. Terciptanya kerjasama yang efektif dan sinergis dengan para pemangku kepentingan dalam rangka menunjang tercapainya visi dan misi program studi. 

SASARAN

  1. Peningkatan mutu sesuai dengan mutu akademik yang berstandar nasional dan internasional yang menjadi acuan dalam proses perkuliahan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Kurikulum yang berjalan sesuai dengan standar SN DIKTI dan KKNI serta adanya peninjauan secara berkala setiap tahun.

    2. Tingkat kelulusan mahasiswa tepat waktu rata-rata sebesar 80%.

    3. Peringkat 3 besar Program Studi Sistem Informasi terbaik di Indonesia dan 50 besar Regional

    4. Minimal 80% lulusan bekerja sesuai dengan bidangnya dan memiliki kemampuan untuk berwirausaha serta mampu untuk melakukan studi lanjut

    5. Persentase waktu tunggu lulusan sebelum bekerja < 6 bulan sebesar 90%

    6. Lebih dari 80 % lulusan memiliki IPK rata-rata lebih dari 3,0

    7. Setiap Lulusan minimal memiliki satu prestasi baik di tingkat lokal/regional/nasional/internasional dibidang akademik maupun non akademik.

    8. Setiap lulusan telah memiliki sertifikat soft skill yang meliputi kemampuan integritas, profesionalisme, bahasa inggris, komunikasi, kerjasama tim, dan kemampuan IT (IC3).

    9. Setiap Lulusan memiliki pengalaman dalam kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pernah bekerja/magang/KKN-P di institusi/lembaga yang relevan guna mendukung peningkatan kompetensi

  2. Terwujudnya pengelolaan program studi dan pengelolaan kegiatan akademik yang efektif, efisien, dan transparan. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:

    1. Program Studi terakreditasi BAN PT dengan nilai A.

    2. Pengelolaan dan operasional program studi berjalan sesuai dengan SOP dan 100% kegiatan didukung dengan dokumentasi yang lengkap

    3. Sistem penjaminan mutu berjalan sesuai dengan standar penjaminan mutu (minimal 90%), ada umpan balik dan tindak lanjutnya, dan didukung dengan dokumen yang lengkap (100%)

    4. Memiliki SDM dosen tetap minimal 50% bergelar S3.

    5. Dosen tetap yang telah bersertifikat minimal 90%.

    6. Memiliki Tenaga administrasi, pustakawan dan laboran dengan jumlah dan kualifikasi yang cukup

    7. 30% dosen tetap bersertifikasi profesi dan menjadi anggota organisasi profesi.

    8. Memiliki sarana dan prasarana dengan ketentuan adanya ruang untuk tiap dosen, kelas, lab, ruang baca, bahan pustaka (buku > 100, skripsi>50, jurnal terakreditasi dikti > 3, jurnal ilmiah internasional >2, seminar prosiding > 9), software dan sistem informasi yang bisa diakses secara online

  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian yang dilakukan oleh dosen yang mengacu kepada roadmap dan Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Brawijaya. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Dosen setiap tahun melaksanakan kegiatan penelitian yang sesuai dengan RIP Universitas

    2. Rata-rata pendanaan penelitian per dosen > 3 Juta. Baik dari dalam PT maupun dari luar PT.

    3. Masing-masing dosen terlibat aktif dalam forum ilmiah baik sebagai penyaji atau peserta minimal satu kali setiap tahunnya.

    4. Mendatangkan tenaga ahli dalam kegiatan ilmiah minimal 13 kegiatan setiap tahunnya.

    5. Masing-masing dosen terlibat dalam pembuatan/penerbitan modul/buku/karya inovatif/hakcipta setiap tahunnya.

  4. Peningkatan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat yang menerapkan hasil-hasil penelitian di bidang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Setiap dosen melaksanakan kegiatan pengabdian minimal 1x pertahun yang sejalan dengan Rencana Strategis PkM Universitas Brawijaya. Selain itu dosen juga dapat melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat

    2. Setiap dosen mendapatkan dana >3 Juta pada kegiatan pengabdian masyarakat.

  5. Peningkatan kualitas dan kuantitas kerjasama dengan pemangku kepentingan terkait dengan pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Terdapat peningkatan jumlah kerjasama sebanyak 3 kerjasama per tahunnya.

    2. Terdapat evaluasi serta tindak lanjut dari kerjasama yang terjalin setiap tahunnya.

 

 

 

 

Share